Orang yang Berbicara Tanpa Berpikir Lebih Dahulu, Biasanya Memiliki 7 Ciri Ini Menurut Psikologi

  • Bagikan
--ilustrasi--

Ilustrasi perempuan yang berbicara tanpa berpikir terlebih dahulu (freepik)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Orang yang berbicara tanpa berpikir terlebih dahulu, kerap dinilai sebagai pribadi yang kurang ajar, cepat bertindak, atau impulsif hingga terlalu jujur.

Namun menurut psikologi, perilaku tersebut bukan hanya sekadar kebiasaan pribadi tetapi merupakan indikasi ciri kepribadian tertentu.

Lantas apa saja ciri kepribadian orang yang suka berbicara tanpa berpikir dulu?

Dilansir dari laman The Expert Editor, Jumat, 12 Juli 2024, berikut beberapa ciri kepribadian orang yang berbicara tanpa berpikir terlebih dahulu diantaranya :

Impulsivitas


Salah satu sifat umum yang dimiliki orang-orang yang sering berbicara tanpa berpikir terlebih dahulu adalah impulsivitas.

Perilaku ini adalah ketidakmampuan untuk menahan keinginan untuk bertindak atau berbicara dengan segera tanpa mempertimbangkan konsekuensinya.

Mereka bahkan sering menyela Anda di tengah kalimat karena sebuah pikiran mereka tiba-tiba muncul di benaknya.

Meskipun hal ini terkesan kasar atau tidak sopan namun mereka tidak bermaksud untuk bersikap tak sopan.

Hanya saja memang otak mereka terprogram untuk bertindak cepat berdasarkan pikiran dan emosi mereka.

Namun kurangnya memahami kepribadian ini bisa menimbulkan sebagian orang merasa canggung dan bahkan timbul konflik.

Memiliki kecerdasan tinggi

Orang-orang yang sering berbicara tanpa berpikir terlebih dahulu ternyata adalah pribadi yang mempunyai kecerdasan tinggi.

Mereka memiliki proses berpikir yang lebih cepat sehingga mendorong mereka untuk mengungkapkan ide-ide mereka segera setelah muncul.

Menariknya, mereka memiliki cara unik dalam memproses informasi dimana otak mereka dengan cepat membentuk koneksi dan menghasilkan ide.

Proses berpikir cepat ini dapat membuat mereka cenderung menyuarakan pikirannya segera setelah muncul dan sering kali tidak mempertimbangkan dulu konsekuensinya.

Sehingga tak heran jika banyak mengira respon cepat atau komentar spontan dianggap kurang bijaksana.

Ciri kepribadian lain orang yang sering berbicara tanpa berpikir dulu adalah ekstrovert.

Sebab kaum ekstrovert memperoleh energi dari berada di sekitar orang lain dan sering kali lebih blak-blakan. Mereka juga cenderung ramah, percaya diri secara sosial dan penuh ekspresif.

Uniknya, mereka mampu menemukan kegembiraan dalam membagikan pemikiran mereka secara bebas bahkan meskipun mereka belum memproses sepenuhnya.

Keterbukaan

Orang-orang yang sering berbicara tanpa berpikir dulu memiliki tingkat keterbukaan yang tinggi. Pada dasarnya keterbukaan ini adalah kemauan untuk menerima pengalaman, ide dan emosi baru.

Orang yang terbuka mampu mengekspresikan pikirannya secara bebas karena mereka merasa nyaman berbagi dunianya dengan orang lain. Mereka juga cenderung tidak perlu menyaring kata-kata mereka sebab mereka percaya pada keaslian dan ketulusan.

Memiliki semangat yang tinggi

Orang-orang yang sering berbicara tanpa berpikir dulu biasanya memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi. Sehingga tak heran jika mereka tidak mampu menahan ide dan pikiran mereka.

Mereka begitu bersemangat membagikan apa yang ada dalam pikirannya sehingga mereka tidak berhenti sejenak untuk memikirkan risiko dan konsekuensi dari apa yang mereka katakan.

Kemampuan beradaptasi


Sifat lain orang-orang yang sering berbicara tanpa berpikir dulu adalah kemampuan beradaptasi.

Mereka cenderung fleksibel dan nyaman dengan ketidakpastian sehingga membuat mereka mudah untuk beradaptasi dengan segala perubahan.

Menariknya, kemampuan mereka untuk segera mengungkapkan pikiran mereka dapat berguna dalam situasi yang serba cepat atau tidak terduga.

Kurangnya empati


Pada dasarnya empati melibatkan pemahaman dan berbagi perasaan orang lain. Seseorang yang tidak memiliki kapasitas ini cenderung tidak mempertimbangkan bagaimana kata-katanya dapat memengaruhi orang di sekitarnya.***

  • Bagikan