Daniswara dan Luri Aulia Hadi Terpilih Duta Lingkungan Hidup Kota Palopo 2024

  • Bagikan
Pemenang Duta Lingkungan Hidup Kota Palopo 2024 Daniswara dan Luri Aulia Hadi saat berfoto bersama dengan Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palopo, Nuryadin, SH, MH yang mewakili Pj Wali Kota Palopo didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Emil Nugraha Salam, S.STP, MM., pada acara malam Grand Final Pemilihan Duta Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo tahun 2024 di Gedung Merdeka Convention Hall (MCH) Kota Palopo. Sabtu, 13 Juli 2024. --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kota Palopo 2024 sukses digelar. Keluar sebagai pemenang adalah Daniswara (putra) dan Luri Aulia Hadi (Putri).

Daniswara adalah siswa Kelas 3 SMAN Kota Palopo sementara Luri Aulia Hadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo.

Keberhasilan keduanya tidak terlepas dari penampilannya saat malam grand final Grand Final Pemilihan Duta Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo tahun 2024 di Gedung Merdeka Convention Hall (MCH) Kota Palopo, Sabtu, 13 Juli 2024.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Mewakili Pj. Wali Kota, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palopo, Nuryadin, SH, MH., membuka Grand Final Pemilihan Duta Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo tahun 2024.

Pelaksanaan kegiatan ini digelar di Gedung Merdeka Convention Hall (MCH) Kota Palopo. Sabtu, 13 Juli 2024 malam, masih rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2024 lalu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Emil Nugraha Salam, S.STP, MM., kepada PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Senin, 15 Juli 2024, mengatakan, proses penentuan Duta Lingkungan Hidup Kota Palopo begitu ketat.

Sebelum tampil di MCH, terlebih dahulu mereka dilakukan karantina dan unjuk pada Kamis, 11 Juli 2024 yang dilaksanakan di Kambo Highland.

Menurutnya, kegiatan karantina dan unjuk bakat, merupakan satu kesatuan dengan acara puncak. Setelah itu, diakumulasikan dengan penilaian dewan juri untuk menentukan siapa yang berhasil terpilih menjadi Duta Lingkungan Hidup Kota Palopo Tahun 2024.

Ditambahkan EmilNugrah, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini, merupakan putra-putri terbaik yang telah lolos seleksi dari serangkaian seleksi yang ada.

"Mulai dari proses pendaftaran, karantina dan unjuk bakat hingga sampai pada acara puncak pada malam ini. Yang terpilih nantinya, akan diberdayakan oleh DLH selama satu tahun,” bebernya.

Emil Nugraha juga mengatakan bahwa kegiatan ini bukan untuk memilih siapa yang menang atau kalah.

"Tapi bagaimana dapat berperan dan berkontribusi dalam permasalahan lingkungan yang sangat perlu mendapat perhatian dari seluruh pihak, guna menjaga dan melestarikan lingkungan," ujarnya.

"Ke depannya berbagai program pelestarian lingkungan telah direncanakan dan tentunya kita akan melibatkan duta lingkungan yang akan terpilih malam ini," tutup Emil.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palopo, Nuryadin, SH, MH., dalam sambutannya mengatakan, kiranya peserta harus memahami bahwa kesempatan ini bukan sekadar untuk meraih prestasi dan prestise, melainkan ajang pembuktian penguatan karakter.

"Selain itu, juga untuk mendorong diri menjadi teladan dan panutan bagi sesama generasi muda, agar mau berbuat dan menguatkan komitmen terhadap lingkungan hidup," ucap Nuryadin.

Nuryadin juga menuturkan, bahwa salah satu fokus pemerintah saat ini yaitu perihal penanganan sampah, dimana duta lingkungan hidup diharapkan untuk terus melakukan gerakan kampanye secara berkesinambungan dalam mendorong semangat dan kepedulian masyarakat dalam menyikapi persoalan tersebut.

"Jadi semua upaya ini tidak akan berhasil jika tidak ada pengawasan secara konsisten. Karena itu, duta lingkungan hidup harus selalu di asistensi dan dikawal sehingga peran mereka akan lebih tampak," jelas Nuryadin.

Tidak hanya itu, lanjut Nuryadin, telah diketahui bersama, bahwa Kota Palopo adalah daerah yang meraih Adipura sebanyak 8 kali, olehnya itu prestasi dan prestise ini juga harus diagungkan oleh duta lingkungan hidup.

"Sehingga diharapkan agar duta lingkungan hidup dapat berkompetisi dengan sportif dan mampu menjaga nama baik, serta citra positif Kota Palopo pada ajang serupa pada tingkat provinsi Sulawesi Selatan," tutupnya.

Adapun jumlah peserta yang akan tampil pada malam puncak grand final pemilihan duta lingkungan hidup Kota Palopo tahun 2024 yaitu sebanyak 24 orang.

Dari 24 orang tersebut, nantinya akan dinilai oleh para dewan juri untuk memilih tiga orang yang akan menjadi duta lingkungan hidup Kota Palopo tahun 2024.

Peserta yang tampil ini berasal dari berbagai daerah, diantaranya dari Kabupaten Luwu, Kota Palopo, dan Kabupaten Luwu Timur.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yaitu jajaran TP-PKK, ketua DWP, Ketua Persit KCK cabang kodim 1403 Palopo, sejumlah kepala perangkat daerah, Camat Wara Timur, seluruh staf Dinas Lingkungan Hidup dan panitia pelaksana, serta para tamu undangan. (rls/uce)

  • Bagikan