Komunitas Bassi Tammi Bersihkan Benda Pusaka di Makam Datuk Patimang

  • Bagikan
Komunitas Pemerhati Pusaka Bassi Tammi usai melakukan kegiatan tompang (pembersihan) benda pusaka di Kompleks Makam Datuk Pattimang, Desa Pattimang, Malangke.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALANGKE --- Dalam rangka melestarikan budaya peninggalan leluhur, Komunitas Pemerhati Pusaka Bassi Tammi melakukan kegiatan tompang (pembersihan) benda pusaka di Kompleks Makam Datuk Pattimang, Desa Pattimang, Malangke.

Ketua Komunitas Pemerhati Pusaka Bassi Tammi, Masmal Boge Petta Kawali, mengatakan bahwa kegiatan tompang (pembersihan) pusaka ini dilakukan dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya peninggalan leluhur.

“Baru kali ini kita melakukannya di makam Datuk Pattimang. Tujuannya adalah untuk melakukan silaturahmi dan mengajak Forum Lembaga Adat Andi Patiware untuk bergabung dalam komunitas ini,” kata Masmal, Selasa 16 Juli 2024.

Masmal juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan penerimaan Ketua Lembaga Adat terhadap Komunitas Pemerhati Pusaka Bassi Tammi, sehingga acara tompang atau pembersihan benda pusaka ini dapat dilakukan di Kompleks Makam Datuk Pattimang.

Sementara itu, Ketua Lembaga Adat Andi Patiware, Andi Takdir Sainal, merespon baik dan sangat terbuka terhadap apa yang dilakukan oleh Komunitas Bassi Tammi.

“Terima kasih atas penghargaan teman-teman komunitas yang sudah berkunjung ke kompleks Makam Datuk Pattimang. Saya berharap agar adat dan budaya kita tetap terjaga hingga langit ini runtuh,” jelasnya.

“Terkait dengan kepercayaan teman-teman Komunitas Bassi Tammi, dengan kerendahan hati, saya menerima tawaran yang diamanatkan oleh keluarga besar komunitas ini yang menjadikan saya sebagai Wakil Ketua Bassi Tammi,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Komunitas Bassi Tammi juga menggelar Musyawarah Pemilihan Ketua. Muhammad Reynal terpilih sebagai Ketua, Andi Takdir Sainal sebagai Wakil Ketua, Hamza sebagai Sekretaris, serta Muhammad Ali Yusuf sebagai Bendahara.(junaidi rasyid/rachmy yusuf)

  • Bagikan