Program PESIAR di Kota Palopo Tingkatkan Keaktifan Peserta JKN Secara Signifikan

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID Jamkesnews – Implementasi Program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) BPJS Kesehatan di tiga kelurahan yang menjadi pilot project Program PESIAR di Kota Palopo terbukti telah meningkatkan keaktifan peserta berdasarkan data per 1 Juni 2024.

Tiga kelurahan yang menjadi pilot project Program PESIAR di Kota Palopo tersebut adalah Kelurahan Petonjangan, Kelurahan Jaya dan Kelurahan Benteng.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan menyampaikan Program PESIAR merupakan suatu kegiatan social marketing terencana dalam rangka pendaftaran peserta dan meningkatkan keaktifan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dilakukan pihak ketiga yang ditugaskan atas rekomendasi perangkat daerah terkait.

"Pihak ketiga yang melakukan aktivitas PESIAR disebut Agen PESIAR yang bertugas untuk memetakan data penduduk untuk selanjutnya melakukan kunjungan berdasarkan hasil pemetaan. Selanjutnya Agen PESIAR akan melakukan advokasi/sosialisasi kepada masyarakat dengan melibatkan aparat desa," ungkap Dahniar.

Hasil dari advokasi adalah pendaftaran peserta JKN baik itu segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), Pekerja Bukan Penerima Upah yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah (PBPU Pemda), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, dan Pekerja Penerima Upah (PPU).

Saat ini, cakupan kepesertaan JKN di Kota Palopo telah mencapai 96,81% dan tersisa sekitar 5.874 jiwa yang belum terdaftar sebagai peserta JKN.

“Jika melihat tingkat keaktifan peserta, masih terdapat sepuluh kelurahan di Kota Palopo dengan tingkat keaktifan peserta yang masih rendah atau di bawah 90% sehingga perlu disasar juga melalui aktivitas PESIAR. Sosialisasi juga perlu dilakukan di setiap kelurahan yang belum pernah dilakukan sosialisasi di tahun 2024,” ucapnya dalam kegiatan Forum Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi Implementasi Pelaksanaan PESIAR, Jumat (19/07).

Dahniar menjelaskan bahwa implementasi Program PESIAR tidak lain untuk mendukung pencapaian Universal Health Coverage (UHC). Diketahui bahwa pada bulan Agustus 2024 akan digelar perhelatan UHC Award dimana komitmen pemerintah daerah dalam capaian UHC, tingkat keaktifan peserta JKN, keberlangsungan UHC di wilayah pemerintah daerah, serta kontribusi pemerintah daerah dalam mendaftarkan penduduk di wilayahnya menjadi indikator penilaian.

“Diharapkan monitoring dan evaluasi bersama terhadap pelaksanaan Program PESIAR dapat terus dilaksanakan. Kolaborasi antara instansi terkait sangat diperlukan. Kami mengapresiasi implementasi Program PESIAR di Kota Palopo yang telah berhasil meningkatkan keaktifan peserta yang signifikan di tiga kelurahan yang sebelumnya merupakan tiga kelurahan dengan tingkat keaktifan terendah,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza selaku Ketua Forum Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi Implementasi Pelaksanaan PESIAR pun turut menyampaikan dukungannya untuk pelaksanaan Program PESIAR.

“Tugas kita sebagai aparatur negara untuk menjaga dan melindungi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam pelaksanaan Program JKN jangan terlalu ribet dalam hal administrasi yang akhirnya menjadi kendala. Yang penting semua masyarakat dapat memiliki jaminan kesehatan melalui Program JKN dan tidak terkendala saat akan mengakses layanan kesehatan,” tuturnya.

Pihaknya telah meminta agar seluruh Lurah aktif membantu Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam hal pendataan dan juga advokasi kepada masyarakat sehingga seluruh warga di wilayah masing-masing dapat segera terjamin Program JKN. Kolaborasi bersama dalam pendataan masyarakat juga diperlukan untuk mendapatkan data peserta yang valid.

Sebagai bentuk apresiasi dan untuk memotivasi Agen PESIAR dan perangkat desa untuk melaksanakan aktivitas PESIAR, telah dilaksanakan Program Gerakan Rekrut Cepat (GERCEP) PESIAR pada bulan Juli, Agustus dan September. Apresiasi diberikan dalam bentuk uang tunai dengan mekanisme perhitungan yaitu tiga persen dari pendapatan iuran nasional dari implementasi PESIAR, dimana bobot dan kriteria pemenang telah ditentukan. (sy/va)

  • Bagikan