Camat Bupon Luwu Tekankan Netralitas

  • Bagikan
Narasumber Rakor Lintor di Aula Kantor Kecamatan Bupon, Kamis (18/7) lalu. --ft: istimewa

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Jelang Pilkada serentak tahun 2024, Pemerintah Kecamatan Bupon Kab Luwu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Lintor) yang mengusung tema terkait netralitas TNI/Polri, ASN dan Badan Penyelenggara Pemilihan di Aula Kantor Kecamatan Bupon, Kamis, 18 Juli 2024.

Acara yang dibuka langsung oleh Camat Bupon Gunawar Paesmo SP MP menghadirkan para unsur tiga pilar Kecamatan Bupon serta para PPK dan Panwascam.

Dalam sambutannya, Gunawar menyampaikan bahwa guna mewujudkan pelaksanaan pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati yang aman dan demokratis di wilayah Kab. Luwu, diperlukan netralitas terutama kepada pelaksana Pemilukada.

Belajar dari pengalaman Pemilu pada Februari 2024 lalu, semua pihak harus fokus mempersiapkan terselenggaranya pemilihan yang Luber Jurdil dan seharusnya pelaksanaan Pemilukada yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 tetap aman dan terkendali.

''Jangan sampai kejadian pada pemilihan presiden dan wakil presiden dan caleg DPRD TK II, DPRD TK I dan DPR RI serta DPD di Kecamatan Bupon terulang kembali. Oleh sebab itu, pelaksanaan rakor ini, kita harapkan dapat menjadi bentuk upaya preventif kita akan hal tersebut di atas,” ucap Iptu Yakobus Rimpung SH.

Iptu Yakobus melanjutkan bahwa pelaksanaan Pilkada saat ini akan sangat berbeda baik di tingkat kerawanan atau pelanggaran Pemilukada dan pelanggaran pemilu terkait netralitas.

"Pasalnya, di era perkembangan teknologi informasi, mata dan telinga seakan-akan ada dimana-mana dan mengawasi segala tindak-tanduk kita semua, hal penyimpangan yang kita lakukan akan mudah terekspose dalam hitungan detik, pun termasuk yang terjadi di daerah pelosok," jelasnya. (irfan khaeruddin)

  • Bagikan