Ini 5 Tanda Stroke Dini Yang Perlu Diwaspadai

  • Bagikan

Ilustrasi stroke. (Carrus Health)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Stroke memang identik dengan penyakit yang menyerang orang-orang di usia senja. Namun ternyata tanda-tanda penyakit ini dapat dikenali sejak dini. Dengan mengenali tanda-tanda ini, maka seseorang dapat segera melakukan pencegahan untuk mengurangi resiko kerusakan jaringan tubuh yang tidak diinginkan.

Dikutip dari Jawapos, berikut lima tanda stroke dini yang perlu diwaspadai:

  1. Mati Rasa dan Kehilangan Keseimbangan yang Mendadak

Salah satu tanda stroke dini yang paling umum adalah kelemahan atau mati rasa mendadak pada wajah, lengan, atau kaki, terutama pada satu sisi tubuh.

Jika Anda atau seseorang di sekitar Anda mengalami kesulitan dalam mengangkat satu lengan atau tersenyum dengan simetris, ini bisa menjadi tanda stroke.

Keseimbangan yang tiba-tiba hilang atau kesulitan berjalan juga perlu diperhatikan karena dapat menjadi tanda-tanda stroke dini.

  1. Kebingungan Mendadak atau Kesulitan Berbicara

Stroke dapat mempengaruhi kemampuan berbicara dan memahami ucapan. Jika seseorang tiba-tiba mengalami kebingungan, kesulitan dalam berbicara, atau sulit memahami percakapan, ini bisa menjadi tanda stroke dini.

Gangguan komunikasi ini sering kali terlihat sebagai ucapan yang tidak jelas atau lambat.

  1. Penglihatan yang Terganggu

Penglihatan kabur atau kehilangan penglihatan secara tiba-tiba pada satu atau kedua mata adalah tanda lain dari stroke.

Ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan bisa menyebabkan pandangan ganda atau penglihatan kabur. Jika Anda mengalami perubahan mendadak dalam penglihatan, segera cari bantuan medis.

  1. Sakit Kepala Hebat Yang Mendadak

Sakit kepala hebat yang muncul secara tiba-tiba dan tanpa sebab yang jelas bisa menjadi tanda stroke, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti muntah atau perubahan kesadaran.

Sakit kepala ini sering digambarkan sebagai yang terburuk yang pernah dirasakan seseorang.

Jangan abaikan sakit kepala mendadak yang parah, terutama jika Anda memiliki faktor risiko stroke lainnya.

  1. Kesulitan Menelan atau Mengunyah

Stroke dapat mempengaruhi otot-otot yang terlibat dalam menelan dan mengunyah, menyebabkan disfagia (kesulitan menelan).

Jika seseorang tiba-tiba mengalami masalah dalam menelan atau merasa tersedak dengan mudah, ini bisa menjadi tanda stroke. Perhatikan juga perubahan dalam kemampuan mengunyah makanan. (*/uce)

  • Bagikan