Pekan Depan, PKS Umumkan Usungan di Pilkada Luwu Raya, Baru Arham-Rahmat yang Dapat Rekomendasi

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menargetkan usungan tuntas pekan depan untuk sejumlah pilkada daerah di Sulsel.

PKS saat ini sudah mengeluarkan rekomendasi berpasangan maupun perseorangan yakni Amran - Amran Mahmud (Wajo), Fathul Fauzi Nurdin - H Sahabuddin (Bantaeng), Ady Ashar- Suwadi (Selayar), Arham Basmin - Rahmat (Luwu), Darmawangsyah Muin- Rismawati Kadir Nyampa (Gowa), Tasming Hamid (Parepare) dan Amri Arsyid (Makassar).

"Kemungkinan besar pekan depan seluruh Sulsel (usungan) sudah selesai," kata Amri Arsyid, Kamis, 18 Juli 2024 seperi dilansir Rakyat Sulsel (Grup Palopo Pos).

Dirinya menyebutkan untuk daerah-daerah lain seperti, Takalar, Sidrap, Barru, Luwu Timur hingga Enrekang saat ini sementara dia bahas di DPP.

"Ini sementara menunggu hasil rapat, tapi sudah ada beberapa yang mengerucut seperti di Takalar apakah ke Ahmad Daeng Tonang atau Hengky Yasin," ucapnya.

Sementara Pilkada Sidrap, kata Amri ada tiga kandidat yang memiliki peluang untuk diusung, yakni ketua PKS Sidrap, Mahmud Yusuf. Namun mantan wakil bupati Sidrap ini harus mencukupkan partai koalisi menjadi 7 kursi, karena PKS hanya memiliki 4 kursi.

"Jadi masih ada peluang juga eksternal, jadi kita melihat bagaimana dinamikanya. Tapi PKS pastinya mengutamakan kader baik sebagai calon 01 atau 02," ujarnya.

Adapun di Barru saat ini mengerucutkan ke dua nama dan akan diputuskan dalam waktu dekat ini. "Kalau bukan ke pak Aksa, kita ke Ibu Ina Kartika Sari," jelasnya.

Luwu Raya

Di Pilkada Luwu Raya, PKS baru memberikan rekomendasi kepada pasangan Arham Basmin - Rahmat di Pilkada Luwu. Sedangkan di Pilwalkot Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur masih sedang digodok.

Sebelumnya, rekomendasi PKS secara resmi diserahkan oleh Presiden PKS, Akhmad Syaikhu, di Jakarta. Dimana Akhmad Syaikhu meminta seluruh kader PKS ikut memenangkan jagoannya tersebut di Pilkada Luwu.

“Alhamdulillah saya, Akhmad Syaikhu Presiden PKS hari ini akan memberikan surat keputusan DPP PKS tentang bakal calon bupati dan calon wakil bupati Luwu Provinsi Sulawesi Selatan keapda bapak Andi Muhammad Arham Basmin,” kata Akhmad Syaikhu dalam rekaman video yang dirilis pada Selasa (09/07) malam.

PKS meraih 1 kursi di DPRD Luwu hasil Pemilu 2024. Untuk maju Pilkada Luwu tahun ini, setiap paslon harus didukung minimal 7 kursi partai di parlemen setempat.

Duet Arham-Rahmat juga telah memastikan dukungan Partai Nasdem yang punya 6 kursi di DPRD Luwu. Dengan begitu, syarat pencalonan duet ini sudah cukup untuk mendaftar ke KPU Agustus nanti.

Akhmad Syaiku menandaskan bahwa dukungan PKS menjadi awal kemenangan bagi Arham Basmin bersama partainya dan Rahmat.

“Selamat berjuang dan kepada seluruh kader dan simpatisan PKS mari kita all-out memenangkan calon bupati wakil bupati usungan PKS untuk bisa menjadi bupati,” tandas Akhmad Syaikhu.

Bakal calon Bupati Luwu, Arham Basmin Mattayang (ABM) hampir dipastikan berpaket dengan Rahmat tokoh asal Walmas jelang kontestasi Pilkada Luwu pada 27 November 2024 mendatang.

”Jadi Insya Allah jika terpiilih kelak tidak ada konflik di tengah jalan. Dengan Pak Rahmat, saya yakin kami berdua akan sering sejalan untuk membangun Kabupaten Luwu ke depan,”ucap ABM.

Diketahui, Rahmat yang akrab disapa Kapten saat ini masih tercatat sebagai anggota DPRD Luwu dari Partai Demokrat. Ia dikenal sebagai tokoh sederhana dan merakyat di daerah Walmas.

Rahmat masih punya hubungan keluarga dekat dengan mantan Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak. Arham mengatakan, untuk membangun Kabupaten Luwu diperlukan pemimpin yang bersinergi.

”Saya dan Pak Rahmat sudah sepakat tak ingin meninggalkan satu sama lainnya jika kami diberikan amanah memimpin Kabupaten Luwu,” kata mantan Ketua KNPI Sulsel ini.

Diketahui, pada saat fit and proper test beberapa pekan lalu di Makassar, sejumlah kandidat wali kota ikut hadir memaparkan visi misinya di hadapan ketua PKS Sulsel.

Sebut saja ada Dr Rahmat M Bandaso, lalu Hamzah Jalante. Di Pilkada Lutim ada Irwan Bachri Syam yang ikut.(idris prasetiawan)

  • Bagikan