Tiga Kelurahan di Palopo Pilot Project PESIAR

  • Bagikan
Sekkot Palopo, H Firmanza DP memimpin forum kegiatan koordinasi PESIAR Kota Palopo di Kantor BPJS Kesehatan Palopo, Jumat, 19 Juli 2024. --ft: humas/pemkot

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Palopo, Drs H Firmanza DP SH MSi memimpin forum kegiatan koordinasi, monitoring dan evaluasi implementasi pelaksanaan Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) Kota Palopo di Kantor BPJS Kesehatan Kota Palopo, Jumat, 19 Juli 2024.

Humas Pemkot Palopo merilis, pelaksanaan Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) ini dimulai sejak bulan April lalu, oleh karena itu ini merupakan evaluasi pertama di tahun ini.

Laporan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan SE MM AAAK, untuk wilayah Kota Palopo ada tiga kelurahan yang menjadi Pilot Project Pesiar, yaitu Kelurahan Pentojangan, Kelurahan Benteng, dan Kelurahan Jaya. Dengan catatan ketiga kelurahan ini memiliki cakupan peserta yang rendah.

Semangat dari Pesiar ini adalah bagaimana kita menyasar peserta yang belum terlindungi program JKN untuk diarahkan mendaftar menjadi peserta dengan jalur mandiri atau badan usaha, khususnya untuk usaha mikro.

Salah satu fungsi pelaksanaan evaluasi ini adalah menemukan fakta unik, dimana ketika agen pesiar mengedukasi peserta untuk mendaftar tetapi tahu di Palopo ada PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) Pemda.

Sehingga secara signifikan terjadi penambahan peserta yang tercover namun dari tidak terjadi penambahan disisi PBPU Mandiri dan badan usaha mikro. Sejauh ini progres pesiar memiliki kabar baik dimana tiga Kelurahan dengan kepesertaan terendah dari awal pelaksanaan program pesiar saat ini ketiga kelurahan tersebut sudah hampir 100%.

Sambutan Sekkot Firmanza, kegiatan koordinasi, monitoring dan Evaluasi dari implementasi pelaksanaan program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) Kota Palopo untuk meningkatkan proses rekrutmen masyarakat untuk menjadi peserta dalam Jaminan Kesehatan Nasional.

''Melalui pertemuan ini kita bisa mengetahui kondisi terakhir pelaksanaan BPJS Kesehatan di Kota Palopo sekaligus juga memberikan gambaran kepada kita sejauh mana implementasi program pesiar di Kota Palopo,'' jelasnya.

Turut hadir Kabag Kerjasama Setda Kota Palopo, Kepala Bappeda Kota Palopo, Kepala BPKAD Kota Palopo, Kepala Dinas Sosial Kota Palopo, yang mewakili Dinas Kesehatan Kota Palopo, yang mewakili Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palopo, Lurah Benteng, Lurah Pentojangan, Lurah Jaya serta seluruh agen Pesiar. (ikhwan ibrahim)

  • Bagikan