Kajari Palopo Gagas Klinis Hukum Kebangsaan dan Jaksa on Call

  • Bagikan
Kajari Palopo, Ikeu Bachtiar SH MH bersama istri yang juga Ketua IAD Kejari Palopo, Teti Rusdiawati berdoa bersama pegawai Kejari Palopo dan anak yatim dalam acara bakti sosial dan santunan memperingati HUT Adhyaksa diperingati yang ke-64, dan IAD ke-24. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
  • Peringatan HBA Ke-64 dan IAD Ke-24

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Setiap tanggal 22 Juli setiap tahunnya diperingati sebagai HUT Adhyaksa dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD). Untuk tahun 2024 ini, HUT Adhyaksa diperingati yang ke-64, dan IAD ke-24.

Dengan usia yang semakin dewasa tersebut, tentunya banyak harapan yang telah dicapai dan yang akan dilaksanakan. Seperti disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Palopo, Ikeu Bachtiar SH MH.

Dalam sesi wawancara khusus Palopo Pos dengan Kajari Palopo Ikeu Bachtiar di ruang kerjanya, Kamis 18 Juli 2024, menuturkan Kejari Palopo menjadi bagian tidak terpisahkan dengan masyarakat Palopo.

"Jadi masyarakat dan Kejaksaan itu adalah saudara. Kami menjalankan tugas hukum dan perlindungan bagi masyarakat. Jadikan kami saudara dan teman sehingga kami bisa lebih banyak membantu apa yang diharapkan oleh masyarakat," kata Kajari Palopo Ikeu Bachtiar yang baru bertugas sebulan di Kota Idaman ini.

Lanjut Kajari, meskipun baru sebulan, namun ia punya program yang akan dilaunching dalam waktu dekat yakni, Klinis Hukum dan Kebangsaan dan Jaksa On Call.

Dijelaskannya, apa itu Klinis Hukum Kebangsaan, yakni dalam rangka pemberian pemahaman terhadap hukum sejak dini. "Jadi masyarakat sudah harus tahu, mulai sejak SMP-SMA hukum di negara kita ini apa, bahkan sampai kepada prakteknya pun ada sampai ke persidangan yang biasanya hanya diketahui baru pada masa kuliah. Ini SMP-SMA sudah tahu," kata Kajari Ikeu Bachtiar yang didampingi Kasi Intel Kajari Palopo Andi Siswandi.

Selanjutnya soal kebangsaannya, dimana diketahui saat ini generasi saat ini mulai luntur rasa nasionalismenya. "Saya akan mulai yang nantinya beberapa instrumen juga akan bergabung untuk memberikan banyak pelajaran pendidikan kebangsaan kepada sekolah-sekolah. Anak-anak kita ini perlu tahu pahlawan-pahlawan nasional. Mereka perlu tahu bahwa kemerdekaan ini direbut bukan pemberian tetapi melewati perjuangan yang panjang, sejatinya generasi muda saat ini harus mengisi kemerdekaan dengan pembangunan," sebutnya.

Selain itu, program lainnya Jaksa on Call, yakni, siap melayani masyarakat 24 jam. Sama sepeti dokter on call.
"Manakala kami dibutuhkan, kami siap ditelephone. Ada penerangan hukum yang dibutuhkan silakan hubungi kami. Kami akan datang," sebutnya.

Program-program di atas kata Ikeu, adalah tambahan dari program yang sudah berjalan, seperti Jaksa Menyapa yang muaranya semuanya untuk kepentingan masyarakat Palopo.
Sebagai informasi, Kejari Palopo dalam memperingati HBA ke-64 dan HUT IAD Ke-24 telah melaksanakan sejumlah kegiatan bakti sosial.

Dimulai pada Rabu 17 Juli 2024 pekan lalu melakukan anjsangsana ke sejumlah purnaja di sejumlah kelurahan di Palopo. Lalu, menggelar Gerakan Pasar Murah (GPM) di halaman kantor Kejari Palopo, Jumat pagi 19 Juli 2024 yang didahului dengan gerak jalan sehat. Lalu Ahad pagi tanggal 21 Juli tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, dilanjutkan siang harinya upacara HUT IAD ke-24, dan Senin 22 Juli Upacara Peringatan HAB ke-64 di halaman kantor Kejari Palopo. (idr)

  • Bagikan

Exit mobile version