Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar Benchmarking di Toraja Utara

  • Bagikan

TORAJA UTARA --- Kelompok dua mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan, FISIP Unismuh Makassar melaksanakan benchmarking di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toraja Utara pada 21 - 24 Juli 2024

Kegiatan ini mengangkat tema Peran Pemerintah dalam Pengelolaan Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal di Toraja Utara.

Demikian ditegaskan Dosen Pendamping kegiatan, Muhammad Randhy Akbar, S.IP., M.Si kepada media, Selasa 23 Juli 2024.

Dijelaskan, tim peneliti terdiri dari 12 mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing berfokus pada satu judul penelitian.

Selama empat hari, mahasiswa melakukan penelitian dan studi banding untuk memahami lebih dalam tentang strategi pemerintah daerah mengelola sektor pariwisata yang berkelanjutan dengan tetap mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal.

Kegiatan benchmarking ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka tentang pengelolaan pariwisata di daerah.

Pilihan pada Toraja Utara karena memiliki potensi pariwisata unik dengan kearifan lokal yang kuat. Diharapkan mahasiswa dapat mengambil pelajaran berharga dari pengalaman ini dan menerapkan dalam studinya.

Sebagai bagian dari luara kegiatan, tim peneliti berencana untuk menerbitkan dua artikel ilmiah di jurnal terakreditasi.

Rencana judul artikel itu, Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Rumpun Keluarga pada Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Toraja Utara.

Pengelolaan Pariwisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal di Kabupaten Toraja Utara.

Hasil dari penelitian ini diharap dapat memberi masukan berharga bagi Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam upaya pengembangan pariwisata berkelanjutan yang tetap menjaga kelestarian budaya lokal.

Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat hubungan antara Unismuh Makassar dengan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia.

Kegiatan benchmarking ini akan berakhir 24 Juli 2024. Laporan lengkap hasil penelitian akan disusun setelah kegiatan selesai, kata sarjana ilmu politik Fisip Unhas ini.***

  • Bagikan