Pemkot Palopo Vaksin Polio Serentak Mulai Hari Ini, Target 19.210 Anak

  • Bagikan
San Ashari SKM MKes (Kabid P2P Dinkes Palopo)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pemkot Palopo melalui Dinas Kesehatan Kota Palopo akan melakukan vaksinasi dalam rangka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang pencanangannya dilakukan di Puskesmas Pontap, mulai Selasa, 23 Juli 2024 hari ini.

Di Kota Palopo sendiri, penyakit polio nol kasus. Sudah lama sekali tidak ada, karena kalau ada satu kasus saja sudah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa.

Demikian diungkapkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Palopo, San Ashari SKM MKes kepada Palopo Pos, Senin, 22 Juli 2024.

Vaksinasi polio di Kota Palopo targetnya menyasar 19.210 anak usia 0-7 tahun. Dinas Kesehatan Kota Palopo menyediakan 700 Vial (35.000 dosis) untuk Tahap Pertama. Dimana vaksin polio akan dilaksanakan dua tahap.

"Tahap pertama pada 23 Juli hingga 29 Juli dan tahap kedua dilaksanakan pada 6 Agustus hingga 12 Agustus 2024. Dimana akan dilakukan serentak di puskesmas wilayah masing-masing," jelasnya kemarin.

San Ashari mengatakan, vaksinasi ini amanah Menkes RI untuk kembali menggencarkan vaksinasi polio di daerah kasus dan daerah risiko penularan tinggi penyakit lumpuh layu.

"Kota Palopo sekarang masih zero (nol) kasus polio, namun kita harus tetap waspada. Sub PIN Polio ini adalah salah satu upaya antisipasi," katanya kemarin.

Penyakit ini disebabkan virus dan bersifat menular. Virus akan menyerang sistem saraf
sehingga menyebabkan kesulitan bernafas, kelumpuhan otot hingga kematian.

PIN dilaksanakan dengan pemberian imunisasi polio tetes kepada sasaran anak usia 0-7
tahun. Vaksinasi diberikan kepada anak usia 0-7 tahun lebih 11 bulan. Masing-masing anak
akan divaksin dua kali," kata San, sapaan akrabnya. (rachmy yusuf)

  • Bagikan