Ingin Lolos ke Babak Semifinal Piala Presiden 2024, Ini 3 Skenario Mission Impossible PSM

  • Bagikan
11 pemain PSM Makassar siap hadapi Borneo FC nanti sore. --dok-psm--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BANDUNG-- PSM Makassar akan berjuang hidup mati untuk lolos ke babak semifinal Piala Presiden 2024.

Tim Juku Eja yang akan memainkan pertandingan terakhirnya, Kamis, 25 Juli 16.30 Wita nanti sore melawan Borneo FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat wajib memenangkan duel penuh gengsi ini.

Tidak main-main, harus menang dengan skor mencolok supaya aman melenggan manis ke babak semifinal. Seri atau kalah, maka Tim Laskar Ramang makin akan terbenam di dasar klasemen.

Lalu, bagaimana hitung-hitungannya supaya tim asuhan Bernardo Tavares ini, lolos meski berjuang mission impossible?

Yah, PSM Makassar harus menang paling tidak dengan selisih empat atau lima gol. Selisih gol sangat penting karena jadi perhitungan jika ada tim memiliki poin yang sama.

Berikut 3 skenario PSM Makassar bisa lolos ke semifinal Piala Presiden 2024:

  1. Wajib Menang Besar Lawan Borneo

Saat ini, PSM Makassar berada di dasar klasemen Grup A dengan satu poin dari dua laga. Sekali imbang dan sekali kalah.

Jika mampu mengatasi Borneo FC dengan skor telak, PSM Makassar mendapat tambahan tiga poin.

Jadi total poin dikumpulkan empat. Jumlah poin tersebut jaga peluang lolos. Kemenangan empat dan lima gol penting karena Laskar Pinisi saat ini minus dua gol. Hasil hanya memasukkan dua gol dan kebobolan empat gol.

Untuk menang besar atas Borneo FC terbilang sulit. Kenapa? Lantaran tim berjuluk Pesut Etam ini memiliki pertahanan kokoh. Buktinya gawang Borneo FC belum kemasukan gol di Piala Presiden.

  1. Persib Kalah atau Imbang

Meski PSM Makassar menang atas Borneo FC, nasibnya harus bergantung dengan laga Persib Bandung dan Persis Solo.

Persib saat ini telah mengoleksi tiga poin dari dua laga. Hasil sekali menang dan sekali kalah.

Jika Persib meraih kemenangan atas Persis bisa dipastikan langkah PSM Makassar terhenti meski menang atas Borneo. Lantaran Maung Bandung akan membukukan enam poin.

Kalau Persib dan Persis bermain imbang tanpa gol atau 1-1 saja, PSM Makassar bisa lolos asalkan unggul selisih gol dari Persib.

Perlu diketahui, PSM Makassar selisih tiga gol dengan Persib saat ini. Juara bertahan Liga 1 tersebut punya tabungan satu gol.

Hasil menyarangkan dua gol ke gawang PSM Makassar dan kemasukan satu gol dari Borneo FC.

  1. Persis Menang Tipis Atas Persib

Skenario lain yang bisa antar PSM Makassar ke semi final adalah Persis mempecundangi Persib.

Jika Persis mampu menang maka poin dikumpulkan menjadi empat pula. Sama dengan PSM Makassar jika menang dari Borneo.

Namun, Persis tak boleh menang besar. Setidaknya dengan selisih satu gol.
Hal tersebut akan membuat PSM Makassar bisa lolos, asalkan menang besar atas Borneo.

Regulasi Penentuan Tim Lolos Jika Dapat Poin Sama

Pasal 4

Sistem Turnamen

Ayat 2

Apabila terdapat dua klub atau lebih memiliki jumlah nilai yang sama, maka penentuan peringkat ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria dan urutan sebagai berikut :

(a) head-to-head dengan urutan kriteria:

(i) jumlah nilai yang lebih tinggi didapat masing- masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub- klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama;

(ii) selisih gol yang lebih baik dari masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama;

(iii) jumlah gol memasukkan masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama.

Jika prosedur head-to-head ini tidak dapat menetapkan peringkat bagi tim yang memiliki jumlah poin yang sama, maka berlaku tiebreaker, yakni diberlakukan kembali prosedur (i) sampai (iii) di atas, khusus untuk tim yang memiliki jumlah poin yang sama.

Jika tiebreaker ini pun tidak bisa menetapkan peringkat karena masih memiliki hasil yang sama, maka semua perhitungan yang terjadi dari hasil prosedur head-to-head dan tie-breaker tersebut ditiadakan dan dikembalikan ke posisi sebelum prosedur head-to-head dijalankan, selanjutnya berlaku ketentuan berikut:

(b) selisih gol klub-klub terkait dalam seluruh pertandingan yang telah dimainkan di grup tersebut;

(c) jumlah gol memasukkan dari masing-masing klub dalam seluruh pertandingan yang telah dimainkan di grup tersebut;

(d) nilai lebih rendah dari hasil perhitungan perolehan kartu kuning dan kartu merah dalam seluruh pertandingan di grup tersebut sesuai dengan Lampiran 1 (penentuan peringkat fair play);

(e) undian, dengan mekanisme dipimpin oleh match commissioner di grup tersebut dihadiri oleh pelatih kepala dan kapten tim yang memiliki nilai sama dan disaksikan oleh perwakilan OC, tim peserta yang lain dan media.

Klasemen Grup A Piala Presiden
Tim Main Menang Seri Kalah SG Poin
Borneo FC 2 2 - - 3 6
Persib Bandung 2 1 - 1 1 4
Persis Solo 2 - 1 1 -2 1
PSM Makassar 2 - 1 1 -2 1. (*/uce)

  • Bagikan

Exit mobile version