Tak Didukung Pemda, Lastri Putri Tana Toraja Wakili Sulsel Ajang O2SN Tingkat Nasional

  • Bagikan

Siswa kelas XI SMAN 4 Tana Toraja, Lastri Alfrines ukir prestasi ajang O2SN tingkat provinsi kontingen Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X yang akan mengikuti tingkat nasional mewakili Sulsel di Lampung. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Siswa SMA Negeri 4 Tana Toraja mengukir prestasi di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Siswi kelas XI itu bernama Lastri Alfrines tergabung dalam kontingen Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X yang meliputi Kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara dan Enrekang.

Lastri berhasil menyabet medali emas pada Cabang Olahraga (Cabor) Atletik nomor Panca Lomba.

Atas prestasinya itu, Lastri Alfrines akan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan di O2SN tingkat nasional di Lampung.

Diketahui, O2SN di Makassar berlangsung selama tiga hari sejak dimulai tanggal 15 sampai 17 Juli 2024 dan diikuti sebanyak 925 peserta dari 12 cabang Dinas Pendidikan.

“Siswa kami, Lastri Alfrines berhasil raih medali emas dicabor atletik nomor Panca Lomba ajang O2SN tingkat provinsi,” ungkap pelatih SMAN 4 Tana Toraja, Andarias Rande Rapa, Kamis (25/4/2024).

Namun, kesuksesan Lastri tidak mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tana Toraja selama proses tanding hingga meraih juara.

Diketahui Lastri menggunakan dana pribadinya dan dibantu biaya dari sekolah.

“Dia (Lastri) berangkat hanya menggunakan biaya dari sekolah dan pribadi, maka itu besar harapannya terhadap pemerintah daerah dapat memberikan bantuan,” terang Andarias.

Mewakili pihak sekolah, Andarias berharap pemerintah daerah maupun pengurus KONI dapat memperhatikan atlet-atlet dari SMAN 4 Tana Toraja saat berangkat mengikuti perlombaan tingkat nasional.

“Kami harap nanti tingkat nasional Pemkab Tana Toraja hadir memberi support kepada Lastri,” harapnya.

Saat pengalungan medali emas yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Iqbal Najamuddin pada malam penutupan O2SN merasa bangga kepada Lastri Alfrines yang mewakili Sulsel pada tingkat nasional di Lampung pada Agustus 2024 mendatang. (Risna)

  • Bagikan