Pemprov Sulsel Gelontorkan Rp18,09 M untuk Palopo

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh menyerahkan simbolis bantuan bibit Program Sulsel Menanam kepada Pj Wali Kota Asrul Sani, Rabu 24 Juli 2024 di Aula Ratona. --IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Kunjungan Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh, selama dua hari di Kota Palopo membawa kabar gembira. Dimana Pemprov memberikan bantuan anggaran senilai Rp18 miliar.
Hal itu disampaikan Prof Zudan pada sambutannya menghadiri pelantikan Pengurus Korpri Kota Palopo Periode 2020-2025 oleh Ketua Dewan Pengurus Korpri Sulsel di Aula Ratona Balai Kota, Rabu (24/7/2024).

Adapun rincian bantuan yang digelontorkan Pemprov Sulsel disebutkan Prof Zudan yakni, untuk bidang pendidikan Rp10,9 miliar, bantuan keuangan Rp3,9 miliar, sektor perikanan Rp420 juta, sektor kehutanan Rp250 juta, sektor pertanian Rp1,9 miliar, sehingga total alokasi bantuan dari DAK dan APBD Provinsi Sulsel Rp18,09 miliar.

"Tolong dicek dan dijagai bersama-sama semua program unit ini agar terlaksana dengan baik. Nanti rinciannya dibahas kembali dengan kepala dinas terkait," ujar Pj Gubernur.
Pada kesempatan itu juga, Pj Gubernur menyerahkan simbolis bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulsel kepada Pemerintah Kota Palopo sebanyak 2.500 batang bibit yang terdiri dari, bibit sengon sebanyak 1.000 pohon, jengkol sebanyak 500 pohon, durian sebanyak 500 pohon, pala sebanyak 250 pohon dan alpukat sebanyak 250 pohon.

Prof Zudan kembali menyampaikan bahwa Korpri itu satu paket dengan ASN karena anggota korpri adalah ASN jadi korpri dan pemerintah itu melekat. Satu tumpuh, satu paket dan satu jiwa. Anggota korpri, anggota biasa itu adalah PNS dan PPPk jadi semua PPPK otomatis anggota Korpri hak dan kwajibannya di Korpri sama. PPPK juga ASN dan juga anggota korpri.

Kata Prof Zudan, pekerjaan pokok korpri adalah mensukseskan program pemerintah sesuai Undang-Undang ASN yang harus kita kerjakan yang paling kuat adalah kesejahteraan ASN maka dalam Undang-Undang ASN itu dibolehkan korpri memiliki unit usaha dan sumber keuangannya boleh bersumber dari APBN, APBD dan iuran.

Terkait program Pemerintah meminta agar anggotanya diperhatikan misalnya saat bekerja dijaga, jika sedang ada masalah jangan ditinggalkan tolong dirangkul agar korrpi bisa membantu saling mengingatkan, saling merangkul dan saling menjaga. Maka dalam era politik sekarang ini yang dimana sebentar lagi menghangat korpri memiliki kekuatan yang dahsyat bisa masuk ke pintu-pintu rumah untuk mengatakan kita berpolitik secukupnya bersaudara selamanya yang berpolitik bukan ASN kita hanya mengatakan kepada semua masyarakat berpoliik cukup saat berpilkada saja setelah di tetapkan hasilnya oleh KPU semua harus tenang. cipta kondisi ini harus dibangun. katanya
"Program utama korpri nasional Tahun 2022-2027 meningkatkan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi, menguatkan idelogi dan karakter ASN, perlindungan karir dan bantuan hukum ASN serta peningkatan kesejateraan ASN," jelas Pj Gub.

Sementara itu, Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani melaporkan kepada Pj. Gubernur Sulsel terkait penyelengaraan tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat dalam hal struktur ekonominya bergerak dari primer ke sekunder, hingga pada tahun 2023 dalam pembentukan PDRB sektor perdagangan berkontribusi tertinggi sebesar 23,7% diikuti oleh sektor konstruksi 17,47%, sementara sektor pertanian 16,34%.

Dibandingkan tahun sebelumnya, meski menurun namun tetap ekonomi tumbuh sebesar 4,34%. IPM pada angka 80,77 atau meningkat sebesar 1,86 poin. Angka pengangguran terbuka sebesar 7,81%, berkurang 0,39% dari sebelumnya sebesar 8,2%. Angka kemiskinan 7,69% menurun dari sebelumnya 7,78%.

berdasarkan rilis data BPS kota palopo Tahun 2024, pada maret 2024,inflasi Year on Year (yoy) sebesar 2,47% dengan indeks harga konsumen (IHK) 106,69. tingkat inflasi month to month (mtm) sebesar 0,90% sementara inflasi tahun kalender (ytd) sebesar 1,80%. Angka inflasi ini lebih didorong oleh kenaikan harga beberapa kelompok pengeluaran.(idr)

  • Bagikan