Demokrat ‘Pending’ Rekomendasi di Pilkada Luwu dan Lutra

  • Bagikan
ILUSTRASI PARTAI DEMOKRAT

Padahal jadi Usulan Tunggal Sulsel ke Pusat

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Partai Demokrat telah menyerahkan surat rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah (cakada) yang maju dalam Pilwalkot dan Pilkada 2024 di Sulsel. Surat rekomendasi itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Jumat (26/7/2024), pekan lalu.

Di Luwu Raya baru bacalon dari Pilwalkot Palopo Trisal Tahir yang diserahkan, sementara bacalon dari Pilkada Luwu dan Luwu Utara belum diserahkan? Ada apa?
Jika dilihat kilas sebelumnya, bacalon Pilkada Luwu dan Luwu Utara jelas-jelas akan diikuti kader Partai Demokrat, bukan dari partai lain. Seperti di Pilkada Luwu ada Plt Ketua Demokrat Luwu, Muhammad Dhevy Bijak yang berpasangan dengan Patahudding, Ketua Golkar Luwu. Di Pilkada Luwu Utara ada kader Demokrat yang juga Suaib Mansur.
Keduanya bahkan menjadi usulan tunggal DPD I Demokrat Sulsel ke DPP Demokrat untuk diusung.

Adapun tujuh bacakada yang mendapat rekomendasi B1.KWK Demokrat adalah Darmawangsyah Muin – Rismawati Kadir Nyampa (Gowa), Yusuf Ritangnga – Andi Tenri Liwang Latinro (Enrekang), Andi Rosman – dr Baso Rahmanuddin (Wajo).
Juga ada nama Erna Taufan Pawe – Rahmat Samsu Alam (Parepare), Andi Asman Sulaiman – Andi Akmal Pasluddin (Bone), Trisal Tahir – wakilnya nya opsional (Palopo) dan Nasir Ali – Drs Mahmud (Selayar).

“Saya dan kita semua meyakini, ini akan menjadi pasangan yang ideal dan mudah-mudahan kita bisa menang dalam perjuangan ini. Dan saya hanya berharap Partai Demokrat dapat berperan dengan baik baik dalam perjuangannya nanti,” harap AHY.
AHY menegaskan, Partai Demokrat menyerahkan dukungan secara penuh kepada Erna Rasyid Taufan dan Rahmat Sjamsu Alam.
“Partai Demokrat hari ini menyerahkan dukungan secara penuh kepada bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Parepare 2024,” jelas AHY.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sulsel, Ni’matullah mengatakan, rekomendasi tersebut merupakan SK Format Parpol. Artinya, rekomendasi tersebut merupakan modal untuk digunakan mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agustus mendatang.

“Iya, sekarang PKPU yang baru, bukan lagi istilah B1.KWK, tapi SK pengajuan calon pilkada. 7 Kabupaten/Kota di atas sudah peroleh SK,” ucap Ni’Matullah kepada awak media, Kamis (25/7/2024).

Pilwalkot Palopo
Di Pillwalkot Palopo, Trisal Tahir menerima rekomendasi dari DPP Demokrat dalam bentuk B1.KWK, Kamis 25 Juli 2024. Ketum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan rekomendasi penuh senyum kemenangan kepada "Palopo Baru 2024".

Menariknya, dari tujuh rekomendasi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Sulsel, nama calon wakil dari Trisal Tahir sebagai calon walikota Palopo belum terisi. Karena memang ternyata bersifat opsional.

"Alhamdulillah. Rekomendasi dari DPP Partai Demokrat sudah kami terima," tandas Trisal Tahir, calon walikota Palopo, kepada Palopo Pos, Jumat 26 Juli 2024.
Penyerahan rekomendasi berlangsung di Kantor DPP Demokrat. Trisal tampak didampingi kolega dekatnya, Unru Baso (Ubas), calon anggota DPR RI terpilih asal Partai Gerindra.

Saat menyerahkan rekomendasi B1.KWK, ketum AHY didampingi Andi Mallarangeng, Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni'matullah, dan petinggi DPP Demokrat lainnya. Trisal Tahir dan Ubas tampak mengenakan kemeja batik.

AHY langsung menyalami Trisal Tahir dan UBAS. Kemudian menyerahkan rekomendasi dan lanjut foto bersama sambil melempar senyum khasnya. Senyum penuh keceriaan AHY isyarat untuk Kota Palopo dipimpin "Palopo Baru 2024".

Kenapa belum ada nama wakil? "Nanti DPP Gerindra yang tentukan wakilnya. Akan diumumkan secara resmi," tandas Tim Pejuang Trisal Tahir (TT), Mustahir Sidu alias Tato, kepada Palopo Pos, Jumat 26 Juli 2024.

Menurut Tato, penentuan wakil dari Trisal Tahir melalui mekanisme survei. "Kenapa belum diisi kami masih menunggu pengumuman B1.KWK dari Partai Gerindra. Hasil survei telah diserahkan ke Gerindra dan DPP GERINDRA akan tentukan 02," tandasnya.

Setelah DPP Gerindra umumkan nama wakil, lanjut Tato, partai koalisi Gerindra dan Demokrat akan diumumkan pula. Yang pasti sudah siap koalisi dengan Gerindra adalah Demokrat (3 kursi), Hanura (1 kursi). "Komunikasi dengan partai lain masih terus berjalan," ucapnya.

Beberapa nama disebut-sebut sebagai calon wakil dari Trisal Tahir. Ada nama Hamzah Jalante, Haidir Basir, Hj Hasriani, Irwan Hamid, Rakhmat Kasjim. Kemudian nama lainnya Hasanuddin, Akhmad Syarifuddin alias Ome, Cendrana, Irbar Pairing, dan lainnya.

Terpisah, Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni'matullah, menyebutkan bahwa rekomendasi ke Trisal Tahir sudah berbentuk B1.KWK.
Ia menuturkan pihaknya mengeluarkan tujuh B1.KWK untuk calon kepala daerah di Sulsel. Namun, untuk Trisal Tahir diminta menentukan wakilnya dalam waktu dekat.

“Jadi untuk calon Wali Kota Palopo masih Calon Wali Kota yang ada yaitu Trisal Tahir, namun untuk wakilnya masih opsional. Kami sudah rapatkan dan diminta komunikasi dengan partai koalisi di Palopo. Kami beri waktu dua minggu untuk menentukan wakilnya,” ucapnya.(idr)

  • Bagikan