Rekomendasi Gerindra untuk Luwu Raya, Tunggu AIA dari Belanda

  • Bagikan

Baru Empat Daerah di Sulsel yang Sudah Diserahkan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Partai Gerindra telah menyerahkan surat rekomendasi usungan bakal calon untuk 4 pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sulsel. Untuk di Luwu Raya mash terus digodok. Apakah mengusung kader atau kandidat eksternal.

Keempat figur yang sudah mendapat rekomendasi Partai Gerindra yakni, Zadrak Tombeg untuk Pilkada Tana Toraja, Frederik Victor Palimbong (FVP) untuk Pilkada Toraja Utara, Natsir Ali untuk Pilkada Selayar, dan Jaya Baramuli untuk Pilkada Pinrang.

DPD Gerindra Sulsel meminta kepad DPC-DPC untuk memenangkan usungan itu.
"Gerindra telah memutuskan usungan untuk 4 Pilkada di Sulsel," ujar Ketua Bappilu Gerindra Sulsel Harmansyah, Kamis (25/7/2024).

Rekomendasi itu diserahkan oleh Ketua DPD Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) pada Rabu (24/7) malam. Rekomendasi diserahkan ke pimpinan DPC Gerindra masing-masing daerah.

"Penyerahan rekomendasinya tadi malam di Ruang Fraksi Gerindra DPR. Diserahkan langsung oleh Pak AIA," jelasnya.
Harmansyah menyebut Gerindra akan menyerahkan 16 rekomendasi lainnya dalam waktu dekat.

"Sebenarnya sudah ada 20 rekomendasi yang dipegang oleh Pak Iwan, cuma baru 4 daerah yang sempat hadir karena beliau harus berangkat ke Belanda dalam rangka kunjungan kerja," jelasnya.

Luwu Raya
Untuk pilkada di Luwu Raya, sejumlah figur yang disebut-sebut akan diusung Partai Gerindra sudah ada. Misalnya di Pilwalkot Palopo ada kader internal Trisal Tahir yang berpotensi mendapat rekomendasi Partai Gerindra.

Gerindra sendiri di Parlemen (DPRD) Kota Palopo berhasil memiliki tiga kursi. Apalagi Trisal Tahir telah sebelumnya mendapat rekomendasi B1.KWK Partai Demokrat. Dimana Demokrat juga memiliki tiga kursi di DPRD Palopo.

Sehingga jika itu terwujud maka jalan mulus Trisal untuk maju mendaftar ke KPU nantinya bermodalkan enam kursi. Diketahui Pilwalkot Palopo mensyaratkan kandidat bacalon memiliki minimal 5 kursi usungan partai maju sebagai calon wali kota.

Luwu
Di Pilkada Luwu, sejumlah bakal calon bupati mengklaim bakaldiusung Gerinda. Husmaruddin mengklaim akan mengendarai Gerindra Luwu.

HMD akronim Husmaruddin mengatakan, saat ini dirinya intens berkomunikasi dengan Partai Gerindra.
“Insha Allah (Gerindra) bisa mendorong saya.” ungkap anggota DPRD Sulsel dua periode ini saat ditemui di kawasan Boulevard, Kota Makassar, (19/7).

Meski demikian, Anak Desa sapaan akrabnya enggan membeberkan sejauh mana komunikasinya tersebut dengan partai besutan Prabowo itu. “Intinya komunikasi kita sudah mendekati penentuan rekomendasi.” tandasnya.
Adapun kader Gerindra yang punya potensi maju seperti Harby Syam dan Andi Mammang (anggota DPRD Luwu).

Lutra
Di pilkada Luwu Utara, nama Ketua Partai Gerindra Luwu Utara Marjono yang juga anggota DPRD Provinsi Sulsel disebut punya peluang mendapat rekomendasi.

Hal ini disampaikan Sekretaris Partai Gerindra Luwu Utara Muh Nasruddin Syafar. Menurut Nasar, sapaan akrabnya, bahwa Partai Grindra memerintahkan Marjono untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Luwu Utara.

Masih kata Nasar, pertimbangan partai sangat realistis. Salah satu faktor adalah Marjono elektabilitasnya di Pemilu kemarin sangat baik. Dua periode sudah terpilih sebagai anggota DPRD. Saat ditanya siapa kira-kira paketnya di Pilkada, Nasar menyatakan nanti dilihat hasil survei.

Lutim
Di pilkada Luwu Timur, nama Komisaris PT Citra Lampia Mandiri (CLM), Isrullah Achmad (IA) disebut punya peluang diusung Gerindra. Ia baru saja bergabung dengan Partai Gerindra. Isrullah telah mengantongi kartu tanda anggota (KTA) Partai Gerindra.

KTA-nya ramai dibagikan di WhatsApp. Isrullah merupakan salah satu figur bakal calon bupati Luwu Timur pada Pilkada 2024.
Isrullah yang mendapat KTA Gerindra santer dikabarkan akan diusung partai besutan Prabowo Subianto tersebut. Bahkan ia mau membentuk poros ketiga dengan berduet bersama Ketua DPD PAN Luwu Timur, Usman Sadik dengan tagline (BERIMAN).

Isrullah sebagai calon bupati dan Usman Sadik sebagai calon wakil bupati.(idr)

  • Bagikan