UMB Palopo Lakukan Penanganan Stunting Melalui Program Kemitraan Masyarakat Hibah PKM Kemendikbud Dikti

  • Bagikan

Suasana pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh PKM UMB Palopo melalui program kemitraan masyarakat hibah pengabdian kepada masyarakat Kemendikbud Dikti. --hms umb--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Universitas Mega Buana (UMB) Palopo melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam Penanganan Stunting melalui program kemitraan masyarakat hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Kemendikbud Dikti yang berlangsung di Kelurahan Pontap, yang dimulai pada 23 Juli 2024.

Kegiatan ini dimulai dengan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan pelatihan. Dimana penanganan stunting tersebut dilakukan dengan memberikan penyuluhan kepada ibu hamil dan proses pendampingan serta pemberian makanan tambahan. Tim PKM UMB Palopo di kesempatan ini melibatkan seluruh stakeholder untuk memudahkan mereka dalam melakukan proses pendampingan tersebut.

"Penanganan stunting melalui program pengabdian masyarakat ini menekankan pada masalah gizi anakibu hamil KEK serta pemubatan rumah gizi,"kata Resty Ryadinency, S.Gz., M.Gizi, Ketua Tim PKM UMB Palopo, 29 Juli 2024.

PKM UMB Palopo melakukan kegiatan edukasi terkait penanganan stunding kepada pendamping di PKM Pontap bertempat di aula Puskesmas Pontap. Hadir memberikan materi yakni Dosen UMB Palopo Resty Ryadinency, S.Gz., M.Gizi. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Lurah Pontap, Abdillah SM, turut hadir dalam kegiatan itu yakni peserta kegiatan kader kesehatan PKM Pontap, tim PKM Dian Furqani Hamdan, S.KM., M.Kes dan Hertiana, S.Kep., Ns., M.Kep.

Selain Resty Ryadinency, S.Gz., M.Gizi, turut hadir menyampaikan materi pada pelatihan selanjutnya yakni Hikmawati dan Nurmiati, Amd.Keb yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas Pontap, pokja 4 PKK kota palopo bersama kader kesehatan kelurahan pontap. Kemudian pada pelatihan ketiga menghadirkan PKK Kota Palopo serta BPOM Kota Palopo.

Di kegiatan ini, peserta diberikan pelatihan Pembuatan PMT dengan bahan dasar daun kelor. Dalam program ini juga, PKM UMB Palopo Bersama Pemerintah Kelurahan Pontap dan masyarakat mencanangkan rumah gizi yang berada di daerah tersebut.

Diharapkan rumah gizi menjadi pusat rehabilitasi gizi dengan pelayanan gizi secara komprehensif terhadap balita gizi buruk maupun gizi kurang, gangguan kekurangan yodium serta permasalahan gizi berdasarkan kondisi individual anak. Pada tanggal 23 Juli 2024 rumah gizi yang dicanangkan tersebut dibuka Pj. Ketua PKK Palopo, Hasnawati Asrul, SE dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugerah, SKM, M.Kes, Camat Wara Timur, Lurah Pontap, Kepala Puskesmas Pontap, PKK Kota Palopo, Dosen/Ketua Tim PKM UMBP. Rumah gizi ini menyasar ibu hamil KEK dan balita stunting.(*/uce)

  • Bagikan