Kandidat 01 Masih Utak-atik Pasangan

  • Bagikan

Pilwalkot Berpeluang Diikuti Empat Paslon, Rekomendasi Parpol masih Terus Diburu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Palopo diprediksi ketat dan seru. Para kandidat 01 mulai mengerucut dan yang jadi wakilnya juga sudah hampir pasti berpasangan. Semuanya baru akan terlihat pada saat mendaftar ke KPU, Selasa 27 Agustus nanti.

Pilwalkot Palopo yang semula diprediksi bakal hanya akan diikuti dua paslon, kini berkembang menjadi empat paslon.
Yakni, Rahmat Masri Bandaso-Andi Tenrikarta, Farid Kasim-Nurhaenih, Trisal Tahir-Akhmad Syarifuddin Daud, dan Putri Dakka-Haidir Basir/Rustam Lalong.

Untuk memantapkan berpasangan, tentunya usungan partai politik menjadi persyaratan nomor satu. Dari keempat paslon di atas, baru RMB dan FKJ yang pasti atau aman untuk mendaftar ke KPU lantaran RMB didukung Golkar yang mempunyai 6 kursi di DPRD Palopo, dan FKJ diusung NasDem juga memiliki 6 kursi di DPRD Palopo.

Sementara, Trisal Tahir baru mengamankan rekomendasi Partai Demokrat yang memiliki 3 kursi di DPRD Palopo, sedangkan rekomendasi Gerindra belum diserahkan lantaran menunggu Ketua Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras pulang dari Belanda melakukan kunker. Sementara, Putri Dakka juga baru mengantongi surat tugas dari PDIP dan PAN. Belum dalam bentuk rekomendasi B1.KWK.

Para kandidat pun masih terus berburu partai dukungan untuk menyolidkan koalisi menuju kemenangan nantinya.
Prediksi pilwalkot Palopo akan diikuti empat paslon oleh Dekan Fakultas Hukum Unanda Palopo yang juga mantan Ketua KPU Palopo, Dr Haedar Djidar sudah jauh waktu disampaikan.

"Melihat dinamika perpolitikan saat ini di Kota Palopo secara normal dapat mengakomodir empat paslon. Hal itu didasarkan komposisi kursi di parlemen sebanyak 25. Adapun Nasdem dan Golkar yang sama-sama memiliki enam kursi dan tentunya dapat mengusung masing-masing paslon. Meski begitu, sistem head to head memungkinkan akan terjadi. Hanya saja, masih sulit menganalisanya karena beberapa figur saat jualannya sebagai 01," kata Dr Haedar Djidar.

Lanjutnya, dari sisa kursi ini maka masih bisa mengakomodir dua paslon. Seperti Demokrat, Gerindra, dan PDIP masing-masing memiliki tiga kursi dari lima kursi yang dipersyaratkan untuk mengusung. Kemudian, ada PAN dua kursi serta Hanura dan PKS masing-masing satu kursi," kata Haedar.
"Saya pribadi hanya melihat empat bakal calon ini sebagai posisi 01. Sementara yang lain lebih kepada posisi 02 saja," tandas Haedar.

Sementara itu, salah satu kandidat 01, Putri Dakka hingga kini masih 'main dua kaki'. Untuk Balon 02, antara Haidir Basir (HB) atau Rustam Lalong (HB).
Pada Jumat, 26 Juli 2024 malam lalu, PD melakukan pertemuan dengan RL. Keduanya, membicarakan rencana deklarasi pasangan calon (Paslon). Besoknya, Sabtu, 27 Juli 2024 siang, PD melakukan pertemuan dengan HB.

"Kami sudah bicara dan sepakat untuk deklarasi, insha Allah segera dalam waktu dekat," kata Rustam kepada Palopo Pos.
Untuk mematangkan paket tersebut, Putri dan Rustam sudah dua kali melakukan pertemuan.

Sementara itu, PD memosting fotonya melakukan pertemuan dengan HB di Jakarta pada Sabtu lalu, dengan caption "Bismillah didampingi Ayah seorang anak berjuang untuk mengabdi pada Kota Palopo tercinta. Pengabdian dalam agenda kebaikan".

Sebelumnya dilansir, Balon 01 Palopo, PD telah mendapat surat tugas PAN dan PDIP. Dimana, PAN memiliki dua kursi di DPRD Palopo hasil Pileg 14 Februari 2024 lalu. Sedang PDIP tiga kursi. Jumlahnya lima kursi.

Dengan lima kursi, memenuhi syarat untuk mendaftarkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota/Wakil Wali Kota ke KPU Palopo. Dimana syaratnya adalah 20 persen atau lima dari total 25 kursi DPRD Palopo.(idr)

Prediksi Empat Paslon Pilwalkot

Rahmat Masri Bandaso-Andi Tenrikarta : Golkar 6 kursi
Farid Kasim-Nurhaenih : NasDem 6 kursi
Trisal Tahir-Akhmad Syarifuddin Daud : Demokrat 3 kursi, Gerindra 3 kursi *
Putri Dakka-Haidir Basir/Rustam Lalong : PDIP 3 kursi, PAN 2 kursi *

*) Rekomendasi Belum Didapat
Syarat mendaftar ke KPU Palopo paslon punya dukungan minimal 5 kursi parpol

  • Bagikan

Exit mobile version