Lima Kebiasaan Penyebab Paru-paru Basah Wajib Diketahui, Berikut Pemicunya

  • Bagikan
Ilustrasi kebiasaan yang memicu penyakit paru-paru basah. (freepik.com)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Paru-paru basah atau pneumonia adalah infeksi di salah satu atau bahkan di kedua paru-paru. Kondisi tersebut bisa menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan yang mengganggu sirkulasi oksigen di paru-paru.

Paru-paru basah dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Paru-paru basah dapat terjadi akibat berbagai faktor, seperti terkena infeksi bakteri, virus, atau jamur.

Paru-paru basah juga bisa disebabkan kebiasaan sehari-hari. Perlu mengetahui kebiasaan apa yang menjadi penyebab paru-paru basah.

Berikut ini merupakan lima kebiasaan penyebab paru-paru basah yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Senin, 29 Juli 2024.

  1. Merokok

Kebiasaan pertama yang dapat menyebabkan paru-paru basah yaitu merokok. Merokok berbahaya untuk kesehatan tubuh. Bahan-bahan yang terdapat di dalam rokok memiliki risiko merusak pertahanan alami tubuh, terutama dari virus dan bakteri yang dapat memicu terjadinya paru-paru basah. Hindari kebiasaan merokok untuk mencegah penyakit paru-paru basah dan menjaga kesehatan tubuh.

  1. Alkohol dan Obat-obatan

Mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang dapat berpotensi melemahkan imunitas tubuh. Jika sistem kekebalan melemah, tubuh akan lebih rentan terkena patogen. Patogen merupakan salah satu penyebab paru-paru basah.

  1. Lingkungan yang Padat dan Kumuh

Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit paru-paru basah, yaitu lingkungan. Kondisi lingkungan yang kotor dapat menyebabkan mikroorganisme berkembang lebih pesat dan menyebabkan kamu terkena infeksi.

Selain itu, penyakit paru-paru basah ini bisa terkena akibat tertular dari orang lain. Dengan demikian, lingkungan yang padat dan kumuh akan membuat kamu lebih mudah terinfeksi penyakit tersebut.

  1. Udara dan Polusi Beracun

Selanjutnya, yaitu faktor udara dan polusi beracun bisa memicu terkena penyakit paru-paru basah. Paparan polusi udara kotor dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit paru, termasuk penyakit paru-paru basah. Sangat disarankan menggunakan masker pada saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

  1. Pola Hidup Tak Sehat dan Tidak Olahraga

Menjaga gaya hidup dengan melakukan olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta dapat melindungi kesehatan paru-paru. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan paru-paru yang sehat, akan mencegah penyakit paru-paru basah. (jp/pp/uce)

  • Bagikan

Exit mobile version