Amankan Pilkada, Polres Lutim Masih Butuh Tambahan Personel

  • Bagikan
Kapolres Luwu Timur AKBP Zulkarnain pada apel gelar pasukan operasi mantap praja pallawa dalam rangka pengamanan Pilkada 2024 di Lapangan Merdeka, Malili.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI - Polres Luwu Timur, Sulawesi Selatan masih membutuhkan tambahan personel untuk mengamankan Pilkada Luwu Timur 2024. Hal itu dikatakan Kapolres Luwu Timur AKBP Zulkarnain usai apel gelar pasukan operasi mantap praja pallawa dalam rangka pengamanan Pilkada 2024 di Lapangan Merdeka, Jl Sam Ratulangi, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Selasa 30 Juli 2024.

AKBP Zulkarnain mengatakan potensi kerawanan sudah ada dengan munculnya informasi hoax.
"Kami sudah lakukan langkah awal antisipasi sebelum dan sampai pelantikan, semua berpotensi," kata AKBP Zulkarnain.
Dua pertiga anggota atau 310 personel pengamanan akan diterjunkan.

"Kalau soal jumlah, ini sedikit, kami akan minta bawah kendali operasi (BKO) 100 personel dari Polda Sulsel," ujar perwira dua bunga ini. "Selain dari Polda Sulsel, kami juga akan minta BKO 1 kompi dari Brimob Polda Sulsel," lanjutnya. AKBP Zulkarnain mengajak semua pihak agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan pilkada ini. "Beda pilihan wajar, hal lumrah, jangan karena berbeda kita pecah, pilkada boleh beda, tapi keseharian kita tidak boleh pecah," pesannya.

Apel dihadiri Wakil Bupati Luwu Timur Mochammad Akbar Andi Leluasa, Ketua DPRD Aripin, forkopimda, Pabung TNI Mayor CBA Bachtiar, komisioner KPU Luwu Timur.
Pilkada Luwu Timur 2024 yang awalnya diprediksi head to head antara Budiman-Mochammad Akbar Andi Leluasa versus Irwan Bachri Syam (IBAS)-Puspawati Husler, kemungkinan menjadi tiga paslon dengan majunya Isrullah-Usman.

Isrullah Achmad adalah Komisaris PT Citra Lampia Mandiri (CLM), Usman Sadik adalah Ketua DPD PAN Luwu Timur. Sebagai informasi, Budiman adalah bupati petahana yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Luwu Timur. Akbar adalah kader Golkar yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Luwu Timur.

Irwan Bachri Syam adalah Ketua Nasdem Luwu Timur, pernah menjabat wakil bupati dan bupati Luwu Timur. Pertarungan Pilkada 2024 diprediksi berlangsung sengit. IBAS-Puspawati Husler telah memperoleh rekomendasi DPP Nasdem untuk bertarung di Pilkada 2024.

DPP Nasdem menyetujui duet IBAS-Puspa berdasarkan hasil penjaringan dan penyaringan pemilihan bupati dan wakil bupati Luwu Timur 2024. Ini sesuai surat DPP Nasdem nomor: 47-SI/RP/BPP/-NasDem/VI/2024 tertanggal 1 Juni 2024 ditujukan ke Ketua DPW Nasdem Sulsel.

Nasdem menguasai 7 kursi di DPRD Luwu Timur hasil Pemilu 2024, dengan demikian Nasdem bisa mengusung calonnya tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain, karena syarat usung calon tujuh kursi.

Partai Golkar juga sudah resmi mengusung Budiman-Mochammad Akbar Andi Leluasa sebagai calon bupati dan wakil bupati Luwu Timur pada Pilkada 2024.
Menyusul keluarnya surat rekomendasi DPP Golkar untuk bupati petahana yang ditandatangani Ketua DPP Golkar Airlangga Hartanto dan Sekretaris DPP Golkar Lodewijk F Paulus, 19 Juli 2024 di Jakarta.

Budiman-Akbar juga telah mendapat rekomendasi usungan dari PDIP. PDIP pada Pemilu 2024 meraih 10 kursi. Ini sesuai surat dikeluarkan DPP PDIP nomor 6165/IN/DPP/V/2024 tertanggal Kamis (30/5/2024).(krm/rhm)

  • Bagikan

Exit mobile version