Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Tim Gabungan Patroli dan Imbau Warga Marinding Tana Toraja

  • Bagikan

TNI-Polri dan tim Manggala Agni melaksanakan patroli dan monitoring kawasan hutan pada titik rawan kebakaran di kawasan hutan di wilayah Lembang Marinding Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Kamis (1/8/2024). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Kepolisian Resort (Polres) Tana Toraja bersama Babinsa Kodim 1414 Tana Toraja serta tim Manggala Agni melaksanakan patroli dan monitoring kawasan hutan pada titik rawan terjadi kebakaran.

Tepatnya di kawasan hutan wilayah Lembang (Desa) Marinding Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (1/8/2024).

Hal itu dilakukan dalam mengupayakan untuk mencegah serta mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Tidak hanya patroli, tim gabungan juga memberi imbauan pencegahan Karhutla.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Malpa Malacoppo menjelaskan kegiatan ini menunjukkan sinergi antara berbagai pihak dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadi bencana alam seperti kebakaran hutan dan lahan.

“Sebuah langkah awal pencegahan dengan melaksanakan patroli, monitoring kawasan-kawasan yang rawan kebakaran serta memberikan imbauan ke masyarakat akan bahayanya,” ujarnya.

Lanjut Malpa menambahkan, pencegahan Karhutla adalah tanggung jawab bersama baik itu Polri, TNI, pemerintah setempat dan seluruh elemen masyarakat.

“Perlunya tanamkan kesadaran peduli terhadap lingkungan agar kita dapat terhindar dari bencana alam,” pungkasnya.

Menurutnya, selain faktor alam, kesengajaan manusia juga menjadi penyebab Karhutla dan salah satu contohnya adalah pembakaran lahan maupun hutan untuk perkebunan.

“Maka kami mengimbau agar tidak melakukan hal serupa karena melanggar hukum,” tutup Kapolres Tana Toraja.

Ia meminta kepada masyarakat Tana Toraja untuk bersama-sama menjaga daerah kita agar lingkungannya tetap indah, asri, sejuk, nyaman dan terhindar dari bencana alam. (Risna)

  • Bagikan

Exit mobile version