Jepang Rencana Investasi Pengembangan Kakao

  • Bagikan
Wakil Ketua DPRD Luwu, Zulkifli menerima Cairman PT Awina Sinergi Internasional bersama rombongan di ruang kerjanya, Selasa, 30 Juli 2024 lalu.--FOTO: istimewa--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Perusahaan asal Jepang, PT Awina Sinergi Internasional berencana menanamkan investasi pengembangan komoditi kakao, sagu, dan rumput laut di Luwu.

Cairman (Komisaris Utama) PT Awina Sinergi Internasional, Mr. Nakamura Hirohide melakukan kunjungan ke Luwu terkait rencana tersebut, Selasa, 30 Juli 2024 lalu. Ia didampingi Direktur PT. Nawa Manunggal, Jaya Ahmad Sarita dan Dekan Fakultas Pertanian Unhas, Prof Dr Ir Salengka. Mereka diterima Wakil Ketua II DPRD Zulkifli.

Zulkifli mengungkapkan, pihaknya menyambut baik maksud kedatangan dari pihak perusahaan Jepang PT. Awina Sinergi Internasional sebagai upaya untuk mengembalikan kejayaan perkebunan kakao, sagu, dan rumput laut seperti pada masa lalu.

Akibat adanya perubahan iklim dan penyakit yang ada mengakibatkan produksi kakao anjlok, sehingga sampai saat petani banyak mengalih fungsi lahan pertaniannya menjadi areal persawahan.

Kedatangan pihak perusahaan Jepang ini berniat melakukan investasi membantu untuk mengembangkan pertanian perkebunan kakao, dari segi pengembangan kualitas bibit, meningkatkan produksi kakao, dan jaminan harga bagi petani.

Pihak PT Awina mengungkapkan bahwa pihaknya hadir di Kabupaten Luwu untuk membangun Luwu dari segi pertanian, khususnya kakao dan rumput laut. Tidak menutup kemungkinan juga akan mengembangkan tanaman sagu.

''Kita sangat paham apa yang menjadi kegelisahan masyarakat saat harga kakao dan rumput laut tinggi akan tetapi produksi kita menurun. Sementara kita ketahui di Luwu ini sangat berpotensi untuk mengembangkan perkebunan kakao, rumput laut, dan sagu. Untuk itu, jika niat kami diterima dengan baik, kami merasa bersyukur untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Luwu dari sektor pertanian,'' jelas Mr. Nakamura. (ikh)

  • Bagikan