PENGUMUMAN! Pendaftaran CASN 2024, CPNS Dibuka Agustus, PPPK Belum? Berikut Penjelasannya

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Kabar gembira bagi yang ingin mendaftar calon aparatur sipil negara (CASN). Karena, pendaftaran CASN akan digelar paling lambat Agustus 2024 ini.

Pemerintah, melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) telah mengeluarkan sejumlah aturan. Mulai dari Peraturan Menteri (Permen) hingga Keputusam Menteri (Kepmen).

Hanya saja, aturan yang dikeluarkan lebih spesifik ke pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Menpan RB bahkan telah melakukan sosialisasi kebijakan pengadaan PNS 2024.

Lalu kapan sebenarnya pendaftaran CASN dibuka? Perlu diketahui jadwal pendaftaran sudah diundur tiga kali.

Terbaru, Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas mengatakan pembukaan pendaftaran CPNS bakal dibuka Agustus 2024. Sementara untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) belum dipastikan.

"Jadi CPNS dulu prioritasnya karena PPPK kemarin masih rapih-rapih (siap-siap),” kata Anas kepada wartawan, Selasa (30/7/2024).

Ada sejumlah alasan, kata Anas. Salah satunya kemampuan keuangan daerah untuk PPPK.

“Karena PPPK ini menyangkut keuangan daerah, kan daerah sudah kita siapkan formasinya, ternyata tidak diambil," ujarnya.

Sampai saat ini, ia bilang belanja pegawai sejumlah daerah sudah mencapai 35 persen.

"Jadi banyak variabel terkait dengan penyelesaian PPPK," ucapnya.

Selain itu, ia mengatakan seleksi CPNS kali ini akan dibuat efektif dan efisien. Semua tes, kata Anas, akan dilakukan di awal dan nilai dari seluruh tes bisa dipakai selama satu tahun penuh.

Jika itu dilakukan, kata dia, peserta hanya perlu mengecek lowongan atau seleksi yang tersedia. Pelamar hanya perlu melakukan pembaruan data.

"Sehingga tidak harus berulang, tapi siklusnya, oh ini ternyata begitu dites dengan formasi, ternyata masih ada yang kosong. Nah, nilai yang itu sedang kita kaji," terangnya. (fjr/pp/uce)

  • Bagikan

Exit mobile version