Tujuh Personel Satpolairud Lutim Mulai Bertugas, Jaga Lautan Sepanjang Burau Sampai Malili

  • Bagikan
Kapolres Luwu Timur AKBP Zulkarnain meresmikan Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud), Kamis 1 Agustus 2024. AKMAL/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI --- Pengukuhan dan sekaligus peresmian gedung Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Luwu Timur,
Kamis 1 Agustus 2024 dilaksanakan.

Pengukuhan dan peresmian Kantor Satpolairud yang bertempat di Jalan Sultan Hasanuddin Kecamatan Malili ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Luwu Timur AKBP Zulkarnain SH, SIK, MH. Dan selanjutnya Kapolres Luwu Timur menunjuk pelaksana tugas (Plt) Kasatpolair yakni AKP Agusman dengan jumlah personel sebanyak 6 orang.

Dalam sambutannya, Kapolres Luwu Timur AKBP Zulkarnain mengatakan, dengan terbentuknya Satpolairud dilingkup Polres Luwu Timur ini, maka dapat segera bertugas dalam melaksanakan fungsi kepolisian perairan dan udara yang meliputi; patroli, penegakan hukum, dan pembinaan masyarakat perairan.

“Saya berharap dengan terbentuknya Satpolair ini kita bisa lebih memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama wilayah perairan.” jelasnya.

Lanjut, "Terkait jumlah personel yang masih kurang, itu saya sudah melakukan koordinasi dengan Dirpolair, dan dalam waktu dekat akan ada penambahan personil langsung dari orang-orang Polairud dan berkoordinasi dengan Kapolda termasuk pemberian bantuan kapal," Ungkap Zulkarnain.

Pelayanan Satpolairud, nantinya diharapkan dapat memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat, terutama masyarakat perairan. Karena diketahui bahwa Kabupaten Luwu Timur memiliki potensi kelautan dan perikanan dengan mempunyai prospek ekonomi yang tinggi. Dan sebagian wilayah Luwu Timur merupakan pantai yang melewati 4 Kecamatan.

"Hampir 117 kilometer melewati 4 Kecamatan yakni Burau, Wotu, Angkona dan Malili. Maka dari itu pula dibutuhkan personil yang memiliki keahlian spesifikasi perairan, dan saya berharap seluruh instansi terkait bisa bekerjasama dalam pelaksanaan tugas Polairud ini," Terang Kapolres.

Hadir dalam acara ini, Komandan Pos TNI AL (Danposal) Lampia, Danpos Polairud Direktorat Makassar, Manager DSS PT Vale, Kajari Lutim, Kepala Kantor Bea cukai Malili, BPBD Lutim, PMI Lutim, PT Prima Usaha Lestari, PT Citra Lampia Mandiri, sarta para personel dan pejabat utama Polres Luwu Timur.(akmal)

  • Bagikan

Exit mobile version