Rektor: Biaya Kuliah di UNCP Paling Murah

  • Bagikan
KAMPUS FAVORIT. Rektor UNCP, Rahman Hairuddin SP M.Si mewisuda sarjana dan magister periode II Tahun 2024 ini sebanyak 416 orang, Sabtu 3 Agustus 2024 di Gedung SCC. Kampus UNCP menjadi kampus yang biaya kuliahnya murah namun punya kualitas yang unggul lantaran terakreditasi Baik Sekali. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Jadi Salah Satu Kampus Favorit, Target 1.500 Pendaftar Mahasiswa Baru

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) menjadi salah satu kampus terfavorit di Sulawesi Selatan, khususnya di jazirah Luwu Raya, lantaran menjadi kampus yang punya biaya kuliah paling murah dan berkualitas.

Hal itu disampikan Rektor UNCP, Rahman Hairuddin SP M.Si pada acara wisuda sarjana dan magister Periode II Tahun 2024 sebanyak 416 orang dengan rincian, 5 orang Magister Pendidikan, 135 orang Sarjana Pendidikan, 93 orang Sarjana Pertanian, 25 orang Sarjana Sains, dan 158 orang Sarjana Komputer di gedung Saodenrae Convention Centre (SCC), Sabtu 3 Agustus 2024.

"Kepada orang tua yang mewisuda anaknya kali ini saya sampaikan kalau kuliah di UNCP itu murah. Uang kuliahnya murah. Kenapa murah, karena pengurus dan yayasan membebaskan para mahasiwa dari pembayaran uang pembangunan, tidak lagi membebankan biaya wisuda, biaya PDK/PKL atau magang. Tapi yang dibayar hanya uang kuliah berdasarkan pada saat masuk mendaftar, dan itupun bisa diangsur (dicicil)," kata Rektor UNCP disambut tepuk tangan para sarjana dan orang tua wisudawan.

Meskipun biaya kuliah murah di UNCP, tetapi kualitas pendidikan terus ditingkatkan. Dimana UNCP telah terakreditasi tingkat universitas "Baik Sekali".
UNCP juga terus berbenah meningkatkan SDM dimana saat ini memiliki dosen kualifikasi Doktor (S3) sebanyak 31 orang, 4 di antaranya memiliki jabatan fungsional Guru Besar atau profesor. Lalu, 109 orang Magister (S2), dan sementara menempuh pendidikan doktor sebanyak 7 orang. Di rapat senat terakhir UNCP juga merekomendasikan 10 orang dosen menuju lektor kepala dan 2 orang dosen menuju jenjang jabatan fungsional Guru Besar.

Adapun beberapa prestasi dosen UNCP yakni, 11 Dosen lolos sebagai Dosen Pembimbing Kampus mengajar Angkatan 7. Dua orang dosen lolos sebagai dosen pembimbing MSIB Batch 6. Lalu, 12 orang dosen lolos praktisi mengajar 4. Pada program ini dosen berkolaborasi dengan praktisi dalam proses pembelajaran. Tahun ini juga dosen UNCP mencetak prestasi yang membanggakan dalam Kompetisi
Hibah Penelitian dan Pengabdian 2024 dari direktorat riset dan pengabdian Masyarakat Kemdikbud Ristek. Peringkat 5 LLDIKTI IX Skema Pengabdian dan Penelitian (31 Judul).
Di bidang kurikulum, dengan adanya Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh pemerintah pada tahun Tahun 2020, UNCP terus berbenah dimulai dari kurikulum baru yang mendukung implementasi MBKM yang telah mulai diberlakukan untuk Angkatan 2022.

Kurikulum ini sangat adaptif dan fleksible untuk mendukung implementasi MBKM. Selain kurikulum, UNCP juga telah memperbaharui sistem informasi akademik yang dapat memfasilitasi implementasi MBKM dan pelaporan PDDIKTI. Saat ini UNCP, mulai angkatan 2024 insya Allah rencana aka diterapkan pembayaran UKT melalui virtual akun dengan bekerjasama dengan PT SKI dan Bank Mitra.

Tak hanya itu, UNCP juga menyalurkan beasiswa dari berbagai sumber mulai dari Beasiswa KIP Kuliah yang mencakup Biaya pendidikan dan biaya hidup sebanyak 491 orang, beasiswa KIP Kuliah yang mencakup bantuan biaya pendidikan sebanyak 202 orang, beasiswa UNCP Scholarship yang merupakan beasiswa dari Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo sebanyak 70 mahasiswa. Beasiswa ini khusus dari Yayasan perguruan tinggi Cokroaminoto Palopo yang mencakup biaya studi selama 8 semester.

Lalu beasiswa bantuan biaya pendidikan dari PEMDA Luwu Timur sebanyak 695 Mahasiswa. Beasiswa penyelesaian tugas akhir sebanyak 22 orang yang juga berasal dari Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo, dan beasiswa Yayasan Van Deventer Mass Sebanyak 35 orang yang mendapatkan beasiswa Rp 800.000 per bulan.

Pada saat ini, kata Rektor, sedang dibuka pendaftaran mahasiswa baru dan akan lanjut gelombang 5. Dimana sudah ada 1.346 pendaftar yang ditargetkan 1.500 orang mahasiswa baru.
Pada kesempatan itu juga, rektor menyampaikan jika beberapa waktu lalu, Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo kehilangan orang tua, ketua Yayasan Alm. Drs H. Baharuddin dipanggil oleh Yang kuasa. Beliau ini merupakan salah satu founding father Universitas Cokroaminoto Palopo.

UNCP bisa menjadi seperti sekarang ini karena batu pondasi yang kuat yang diletakkan oleh beliau bersama Alm Drs H. Saruman. Saya memohon kerendahan hati hadirin sekalian, untuk mengirimkan surat Al Fatihah untuk kedua orang tua kita tersebut.

Atas prestasi yag diraih, Pemkot Palopo melalui Kadis Pendidikan Asnita Darwis yang mewakili Pj Wali Kota mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih kepada pihak UNCP yang turut menjadikan Kota Palopo sebagai Kota Tujuan Pendidikan kedua di Sulsel.

Pemkot sangat mendukung dengan adanya kebijakan biaya kuliah yang murah di kampus UNCP. "Saya sampaikan kepada orang tua wisudawan yang hadir, ajak adik-adik Ta, keluarga Ta yang sebentar lagi lulus dari SMA/SMK untuk kuliah di UNCP, sampaikan ki informasi ini," kata Kadisdik.

Sementara itu, Kabag Umum LLDIKTI Wilayah IX, Syahruddin ST MM mewakili Kepala LLDIKTI Wil.IX yang sedang menjalankan ibadah umrah menyampaikan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan orang tua.
Setelah ini, para wisudawan akan jadi alumni untuk itu jaga nama baik almamater, terus berikan feedback yang baik kepada kampus.

Pada kesempatan itu, juga diberikan penghargaan sarjana dan magister terbaik. Adapun yang menjadi Sarjana Terbaik Program Magister adalah Dinar S.Pd M.Pd dengan IPK 4.00 dan Iswan S.Pd M.Pd dengan IPK 3,90.

Lalu, sarjana terbaik tingkat fakultas yakni, FKIP diraih Iin Indrianto S.Pd dengan IPK 3,99. Fakultas Pertanian diraih Tenriati SP dengan IPK 3,99. Fakultas Sains diraih Zidratil S.Si dengan IPK 3,99, dan Fakultas Teknik Komputer diraih Fahrul H S.Kom dengan IPK 3,97. Dan yang menjadi wisudawan terbaik tingkat universitas diraih Zidratil S.Si.

Wisuda dihadiri Pj Wali Kota diwakili Kadis Pendidikan Kota Palopo Asnita Darwis, Direktur POLIDEWA Dr Suaedi, Pembina Yayasan, Hj. Fatimah Saruman, Ketua Pengurus Yayasan, H. Awaluddin Saruman ST, perwakilan Dandim 1403 Palopo, perwakilan Kapolres Palopo, dan perwakilan LLDIKTI Wil.IX Sultanbatara.(idr)

  • Bagikan

Exit mobile version