Siap-siap, Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Begini Cara Cek Formasi Melalui Situs BKN

  • Bagikan
Suasana saat tes jadi CASN. --jawapos--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Tinggal menghitung hari pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibuka. Ada jutaan orang yang akan diterima.

Mereka yang akan lulus ditempatkan di sejumlah instansi atau berbagai lembaga.

Meski berulang kali diundur, belakangan ini progresnya menunjukkan tanda-tanda pendaftaran CPNS segera dibuka. Ditandai keluarnya sejumlah regulasi terkait.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Aswar Anas sebelumnya juga mengatakan kemungkinan dibuka Agustus ini.

"Nah ini PNS sudah selesai verifikasinya sudah 97 persen yang CPNS, sehingga ini dalam waktu dekat segera akan diumumkan sekitar Agustus untuk rekrutmen CPNS," ungkap Azwar Anas, ditemui di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Jakarta, Senin (29/7/2024).

Mundurnya jadwal tersebut, kata dia bukan tanpa sebab. Alasannya sama dengan sebelumnya, karena sejumlah instansi belum mengusulkan formasinya.

"Kenapa ini mundur? Kami masih menunggu ada K/L dan pemerintah daerah yang belum mengusulkan, maka kita tunggu mereka," ujarnya.

Lalu bagaimana cara mengecek formasi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPK)? Berikut ini caranya melalui website Badan Kepegawaian Negara (BKN):

  1. Buka situs SSCASN https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Pilih kategori pencarian. Ada empat kategori antara lain tingkat pendidikan, jurusan/program studi, instansi (bersifat opsional) dan jenis pengadaan CPNS/PPPK (bersifat opsional).
  3. Setelah itu klik tombol "cari".
  4. Akan tampil daftar iformasi formasi CPNS 2024 yang tersedia terdiri dari jabatan, instansi, unit kerja, jenis pengadaan, dapat dilamar disabilitas, penghasilan, dan jumlah kebutuhan.

Berikut ini formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024:

Formasi untuk instansi pusat

Formasi untuk CPNS sebanyak 207.247.
Formasi untuk PPPK sebanyak 221.936.
Total formasi CPNS dan PPPK yang dibutuhkan untuk instansi pusat adalah 429.183.

Formasi untuk instansi daerah

Formasi untuk CPNS sebanyak 483.575.
Formasi untuk PPPK sebanyak 1.383.758.
Jumlah formasi CPNS dan PPPK yang dibutuhkan instansi daerah sebanyak 1.867.333.

Formasi alokasi khusus PPPK

Formasi khusus PPPK guru sebanyak 419.146.
Formasi khusus PPPK tenaga kesehatan dibutuhkan sebanyak 417.196.
Jumlah formasi PPPK tenaga teknis dibutuhkan sebanyak 547.416.

Formasi untuk fresh graduate

Ada 690.822 formasi untuk fresh graduate. Formasinya diperuntukkan untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis seperti talenta digital dan berbagai sektor lainnya. (fjr/pp)

  • Bagikan