BMKG: Hujan Ringan di Kota-Kota Besar Indonesia, di Palopo Siang Hari Hujan Ringan, Malam Hujan Sedang

  • Bagikan

Ilustrasi musim hujan.

PALOPOPOS.CO.ID, JAKARTA-- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia akan mengalami hujan ringan pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Prakirawan BMKG, Rif'at Darajat, menyampaikan melalui kanal YouTube BMKG bahwa beberapa wilayah di Pulau Jawa akan mengalami hujan ringan, sementara lainnya akan berawan hingga berawan tebal.

"Di Pulau Jawa, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Serang dan Jakarta. Sedangkan untuk kota-kota besar lainnya, cuaca berawan diprakirakan terjadi di Yogyakarta, sementara Surabaya, Semarang, dan Bandung diprakirakan akan berawan tebal," kata Rif'at.

Di wilayah Sumatera, cuaca berawan diprakirakan terjadi di Kota Tanjung Pinang, dan cuaca berawan tebal di Kota Banda Aceh. "Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Pekanbaru. Perlu diwaspadai bagi masyarakat di Kota Medan karena diprakirakan hujan dengan intensitas lebat," ucap Rif'at.

Kota Padang diprakirakan akan mengalami hujan disertai kilat dan petir, sedangkan Kota Lampung akan berkabut dan Kota Palembang diprakirakan berudara kabut. "Cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di Kota Jambi, dan cuaca berawan diprakirakan terjadi di Pangkal Pinang. Sementara itu, Kota Bengkulu diprakirakan hujan dengan intensitas sedang," tambahnya.

Bergeser ke Pulau Bali dan Nusa Tenggara, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Kota Mataram dan Kupang, sementara Kota Denpasar diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan. Di Pulau Kalimantan, cuaca berkabut diprakirakan terjadi di Kota Pontianak, sedangkan hujan dengan intensitas ringan diprediksi terjadi di Kota Samarinda dan Palangka Raya.

Masyarakat di wilayah Tanjung Selor dan Banjarmasin diminta waspada karena diprakirakan hujan disertai kilat dan petir.

Di wilayah Sulawesi, cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di Kota Kendari, dan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Gorontalo, Palu, dan Makassar.

Sementara di Palopo, menurut situ BMKG, pada siang hari samppai sore akan terjadi hujan ringan. Malam hari, mulai pukul 19.00 Wita, akan terjadi hujan sedang sampai larut malam.

Di wilayah Indonesia Timur, cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di Kota Manokwari. Sementara itu, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan akan meliputi Kota Ambon, Ternate, Sorong, Nabire, Jayapura, Jayawijaya, dan Merauke. (*/fajar/uce)

  • Bagikan