Perdana, Mahasiswa IKB KJP Mulai Praktikum Anatomi di Kampus Baru

  • Bagikan
Dekan Fakultas Kesehatan IKBKJP, Andi Sufiani, S.ST., M.Keb saat meninjau pelaksanaan praktikum anatomi perdana di Laboratorium Anatomi Fakultas Kedokteran IKBKJP. --IST--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Sebanyak 48 orang mahasiswa IKB KJP melakukan praktek perdana mata kuliah anatomi di Laboratorium Fakultas Kedokteran Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada (IKB KJP) Palopo, Kamis (1/8/2024).

Kegiatan praktikum selama 3 hari tersebut diikuti oleh mahasiswa dari jurusan S1 Keperawatan dan D3 Kebidanan.
Dekan Fakultas Kesehatan IKBKJP, Andi Sufiani, S.ST., M.Keb yang turut hadir dalam praktikum tersebut mengatakan, keberadaan laboratorium anatomi di Fakultas Kedokteran IKB KJP guna memudahkan mahasiswa untuk melakukan praktik anatomi dan fisiologi tubuh manusia secara langsung.

"Biasanya untuk praktik anatomi, kita mengirim mahasiswa ke Makassar, dan ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Belum lagi akomodasi dan kebutuhan lain selama mereka mengikuti praktikum tersebut. Alhamdulillah, sekarang sudah tidak lagi, kini mereka dapat praktik di kampus mereka sendiri" ujarnya.
Ia menambahkan, sebagai salah satu kampus kesehatan terkemuka di Sulawesi Selatan, IKBKJP senantiasa berorientasi untuk memudahkan proses pembelajaran dengan cara menyediakan semua fasilitas pembelajaran.

"Saat ini, bisa dikatakan semua fasilitas kita sangat layak untuk melakukan proses pembelajaran secara optimal, baik dari segi sarana dan prasarananya " ungkapnya.

SIAP TERIMA MAHASISWA KEDOKTERAN

Senada hal tersebut, Koordinator Blok Anatomi Fakultas Kedokteran IKB KJP, dr Aziz Beru Gani, M.Kes., Sp.B mengatakan bahwa, dengan adanya fasilitas laboratorium itu, pada dasarnya IKBKJP sudah siap untuk menerima mahasiswa kedokteran.

"Dari semua laboratorium kedokteran, laboratorium anatomi bisa dikatakan adalah sarana yang paling utama. Dan Alhamdulillah di kampus IKBKJP ini sudah lengkap, dari laboratorium kering, dan laboratorium basah, bahkan juga didukung dengan anatomical table, yakni alat visualisasi anatomi 3D," ungkapnya.

Untuk tahun ini, ia melanjutkan, Fakultas Kedokteran IKBKJP sudah bisa running, untuk menerima mahasiswa baru. Karena dari segi fasilitas, IKBKJP ini sudah cukup memadai.
"Untuk kapasitas, ruangan lab anatomi ini, sudah bisa memuat 50 orang, dan ini sudah sesuai persyaratan jumlah maksimal mahasiswa untuk kampus yang baru membuka Fakultas Kedokteran.

Selain itu, kampus IKBKJP juga dapat membuka ruang kerja sama dengan kampus-kampus lain dalam penggunaan fasilitas laboratorium ini," pungkasnya.

  • Bagikan