Andi Sudirman Sulaiman Sulit Terkejar Versi Survei Charta Politika Indonesia

  • Bagikan
Andi Sudirman Sulaiman. --dok--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pemilihan gubernur Sulsel sisa tiga bulan lagi, yakni 27 November 2024. Kini, para bakal calon gubernur Sulsel pun terus menebar pesona untuk mendapatkan simpati dari masyarakat. Tentunya, juga untuk menaikkan hasil survei.

Hasil survei Charta Politika Indonesia yang merekam preferensi pemilih Sulawesi Selatan sejak awal Juli 2024 terhadap calon gubernur bocor ke publik.

Sejak Selasa 6 Agustus 2024, potongan slide survei itu tersebar di sejumlah group whatsapp warga Sulsel dan sejumlah media sosial seperti Instagram, Facebook dan TikTok.

Perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan tersisa tiga bulan lagi, namun hasil survei yang beredar di publik menempatkan nama Andi Sudirman Sulaiman sebagai kandidat Calon Gubernur Sulsel terkuat melampaui rivalnya.

Demikian pula hasil survei Charta Politika Indonesia yang mendudukkan calon gubernur Sulsel petahana, Andi Sudirman Sulaiman (ASS) di posisi teratas mengalahkan sejumlah politisi dan kepala daerah di Sulsel.

Survei ini menggunakan metode pertanyaan, “Seandainya Pilkada Sulawesi Selatan dilaksanakan hari ini, siapa yang ibu/bapak pilih sebagai gubernur Sulawesi Selatan lima tahun yang akan datang?”.

Andi Sudirman mengantongi poin 15% disusul Ketua DPD Gerindra Sulsel Andi Iwan Aras (AIA) yang memperoleh tingkat elektabilitas 9.9%.

Di posisi ketiga diduduki Wali Kota Makassar dua periode Moh Ramdhan Pomanto yang mengantongi angka elektabilitas 9.1%.

Selanjutnya muncul nama mantan wali kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) 8.2%.

Sementara Bupati Gowa dua periode Adnan Putricha Yasin Limpo berada di urutan ke lima dengan perolehan elektabilitas 7.8%.

Mantan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi memperoleh elektabilitas 7.3%.

Kemudian Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani 6.5% dibuntuti Ketua DPD Golkar Sulsel Taufan Pawe 2.7%.

Sedangkan yang belum menentukan pilihannya sebanyak 24%.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Andi Lukman Irwan menilai masyarakat memang menilai Andi Sudirman layak dan masih sangat potensial untuk memimpin Sulsel

”Jadi saya pikir salah satu faktor utama, karena semasa menjabat Andi Sudirman melakukan banyak perubahan terutama pada pembangunan infrastruktur jalan, Masyarakat melihat apa yang dilakukan. Publik melihat dan merasakan apa yang dilakukan Andi Sudirman,” kata Andi Lukman Irwan belum lama ini.

Menurutnya, Andi Sudirman meninggalkan legacy dalam berbagai hal yang sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat Sulsel sehingga kepemimpinannya masih dinantikan.

"Andi Sudirman meninggalkan banyak legacy, inilah saya kira menjadi faktor kunci sehingga secara elektoral beliau masih kuat sebagai figur calon gubernur di Sulsel nantinya," paparnya. (fajar.co.id/pp)

  • Bagikan

Exit mobile version