BMKG Kembali Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Petir di Sejumlah Daerah Ini, di Luwu Utara dan Luwu Timur Hujan Ringan, Luwu dan Palopo Cerah Berawan

  • Bagikan
Petir menyambar saat hujan turun dikawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Senin (28/11/2022). Menurut peringatan dini BMKG, 29 wilayah perlu waspada cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Tak hanya peringatan dini cuaca ekstrem, BMKG juga memberikan peta sebaran gambaran potensi gelombang tinggi yang bisa diwaspadai. FOTO:MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan sedang hingga lebat disertai petir di sejumlah wilayah, Jumat, yakni Aceh, Gorontalo, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Selain itu, Lampung, Maluku Utara, Papua, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Prakirawan Cuaca BMKG Ida Pramuwardani di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa berdasarkan laporan cuaca berbasis dampak, Sulawesi Selatan berada pada status siaga, dengan sejumlah risiko yang perlu diperhatikan, antara lain gangguan lalu lintas, gangguan skala sedang dan jangka menengah dalam mengakses layanan air bersih atau minum, listrik, dan gas.

Selain itu, kata dia, gangguan pada kelancaran aktivitas sekolah dan rumah sakit, kerusakan pada jembatan, jalanan, gangguan lalu lintas, serta mulai terjadi kerusakan pada rumah.

Sejumlah wilayah dikategorikan sebagai waspada, kata dia, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Aceh, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Lampung.

Dia menjelaskan tentang sejumlah langkah antisipasi, seperti berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruangan, mencari informasi kebencanaan dari pihak-pihak terkait, mengamankan dokumen-dokumen penting, menghemat penggunaan listrik, air, dan gas, dan tidak menggunakan transportasi darat bila tak mendesak.

Lalu, bagaimana kondisi di Tana Luwu. Menurut laman BMKG, untuk Kota Palopo, per hari ini, mulai pagi sampai malam kondisi cuaca cerah dan berawan. Di Luwu Timur, kondisi siang hari nanti akan terjadi hujan ringan. Tapi malam, cerah berawan. Di Luwu Utara tepatnya di Masamba, siang ini juga akan terjadi hujan. Nanti malam pukul 19.00 Wita berawan.

Untuk Luwu sendiri kondisi cuaca cerah dan cerah berawan. Hanya saja kecepatan angin mencapai 18 kilometer per jam pad siang hari. (rls/pp/uce)

  • Bagikan