Pengurus IPeKB Harus Netral, Plt Asisten I Pemkot Palopo Andi Poci: Jangan Berpolitik

  • Bagikan
Plt Asisten I Pemkot, Dr Andi Poci didampingi Kadis PPKB Palopo, Samsil menyaksikan penandatanganan pelantikan pengurus IPeKB Palopo. --ft: humas/pemkot

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Plt Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkot Palopo, Dr H Andi Poci SIP MSi mewakili Pj Wali Kota menghadiri dan pengukuhkan Pengurus DPC Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Indonesia Kota Palopo Masa Bhakti 2024-2028.

Pelantikan dan pengambilan sumpah pengurus oleh Ketua Umum DPD IPeKB Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Krisna Ismaya Adiana SSos di Auditorium SaokotaE, Kamis, 8 Agustus 2024.

Pj Wali Kota dalam sambutannya yang dibacakan Plt Asisten I, berpesan bahwa dalam situasi menjelang pesta demokrasi Pilkada Serentak 2024 ini, pengurus dan seluruh jajaran IPeKB jangan berpolitik, jaga independensi organisasi ini. Jangan sampai berafiliasi pada gerakan politik tertentu yang dapat mempengaruhi citra positif organisasi kebanggaan ini.

"Jagalah eksistensi organisasi profesi ini dan kepada para pengurus yang dikukuhkan kiranya selalu menanamkan dalam hati agar dalam mengemban amanah tetap mampu menjadi pribadi yang berkarakter pribadi yang dapat memberi keteladanan kepada teman keluarga dan masyarakat," jelasnya.

Berdasarkan keputusan DPD IPeKB Sulsel, DPC IPeKB Kota Palopo terdiri Dewan Penasihat Wali Kota Palopo dan Kadis PPKB. Dewan Pembina yakni Sekretaris Dinas PPKB serta Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinas PPKB.

Untuk DPC IPeKB Kota Palopo Palopo Masa Bhakti 2024-2028, Ketua Umum Risa Haris SIP, Wakil Ketua Selvi Panggoa SAN., Sekretaris Umum Nani Asnida Masdy SIP, Wakil Sekretaris Kurniati Asis SE, Bendahara Umum Raudatul Jannah SKom., Wakil Bendahara Mangariana SAN. Dalam kepengurusan itu juga diisi bidang-bidang yang terdiri dari seksi-seksi yang dipimpin koordinator.

Hadir pada kesempatan itu kepala Dinas PPKB Kota Palopo, Kabid P2P Dinkes Kota Palopo, Kepala UPT KB, Ketua IPeKB Luwu Raya dan Tana Toraja, Makassar dan Kab. Wajo, serta undangan lainnya.

Untuk diketahui, pelantikan ini mengusung Tema "IPeKB lebih Akuntabel, Solidaritas, Melayani, Inovatif, Kolaboratif (ASYIK) Menuju Indonesia Emas" berdasarkan Keputusan Dewan Pengurus Daerah IPeKB Indonesia provinsi Sulawesi Selatan nomor 476/07/Kep/IPeKB Sulsel/DPD/VIII/2024 Tentang Pengesahan Pengurus Cabang Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana Indonesia DPC Kota Palopo Masa Bhakti Tahun 2024-2028 Yang ditetapkan di Makassar Tanggal 7 Agustus 2024.

Ketua Umum DPD IPeKB Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Krisna Ismaya Adiana S.Sos., dalam sambutannya mengatakan, IPeKB lahir tanggal 26 Juli tahun 2007 yang bulan Juli kemarin baru berulang tahun yang ke-17.

"Jadi kami masih muda sekali, masih remaja, berbeda dengan Organisasi Profesi lainnya. Namun dengan usia yang masih remaja ini kami tetap berharap bahwa IPeKB terdengar gaungnya ketika apapun kegiatan baik itu ditingkat provinsi, nasional maupun daerah, IPeKB mempunyai gaung disana", ungkapnya.

Kepada pengurus yang baru dilantik, Krisna mengucapkan selamat, selamat bekerja karena pelantikan tersebut merupakan titik awal tanggung jawab kita untuk bagaimana membesarkan organisasi kita secara bersama-sama. Karena IPeKB tidak akan bisa menjadi organisasi yang besar tanpa ada kepedulian kita semua.

"Sesuai dengan tema IPeKB Asyik. IPeKB itu harus lebih akuntabel, solid, melayani, inovatif dan kolaboratif", jelasnya.

"Saya terus sampaikan pada teman DPC bahwa kita harus selalu solid, baik solid dalam pelaksanan program maupun solid dalam bagaimana meningkatkan kesejahteraan dan eksistensi kita sebagai penyuluh KB", ujarnya. (ikhwan ibrahim)

  • Bagikan