SMP Telkom Makassar, Sekolah Sahabat Juara

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Setiap anak berhak menggapai cita-cita yang mereka inginkan dan setiap anak harus mampu mengembangkan seluruh potensinya secara optimal, dibantu dengan suasana yang menarik, interaktif serta merangsang kedua belahan otak secara seimbang. Usia SMP merupakan generasi muda yang kelak akan membawa perubahan dalam kehidupan keluarganya.

Di semester kedua tahun 2024 terasa sangat istimewa bagi keluarga besar SMP Telkom Makassar atau biasa dikenal sebagai School of Digital Generation. Ainun Insani, seorang guru sekaligus staf Kesiswaan di SMP Telkom Makassar, mengatakan, “Siswa-siswi SMP Telkom Makassar berhasil meraih sederet prestasi yang membanggakan, terutama dalam bidang lomba yang diinisiasi langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui BPTI (Badan Pengembangan Talenta Indonesia)”.

SMP Telkom Makassar melalui siswa-siswi berbakatnya mengukir prestasi diantaranya :
Megarizky Dwi Jeconiah
Anak yang tergolong pendiam ini berkilau sinarnya di Olimpiade Sains Nasional (OSN). Ainun, sapaan akrabnya berujar,

“Setelah masuk dalam peringkat 5 besar di OSN Mapel IPS tingkat Kota/Kabupaten, tak cukup sebulan siswa yang tergabung di kelas IXA ini berhasil menjadi wakil provinsi Sulawesi Selatan dalam ajang yang sama ke Tingkat Nasional setelah berhasil mengungguli peserta lainnya dari kota/kabupaten yang ada di wilayah Sulawesi Selatan. Mulai tanggal 05-11 Agustus 2024, Megarizky mengikuti OSN Tingkat Nasional jenjang SMP/MTs Tahun 2024 di Jakarta bersama mentornya guru IPS SMP Telkom Makassar, Khaedar Abdullah”.

OSN sendiri merupakan sebuah ajang talenta di bidang sains yang diselenggarakan untuk siswa SMP/MTs/sederajat. Ajang OSN diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah, provinsi hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi yang ada di Indonesia. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi siswa di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial
Tim Tari FLS2N 2024
Risky Putri Langit Asya Asmadi, Nurul Madinah Jamil serta Rezqita Tricahyani Rachim merupakan siswi yang tergabung dalam Tim Tari FLS2N 2024.

“Tim yang dibimbing oleh coach Yhugi Pratama Saputra ini berhasil meraih prestasi dalam bidang seni tari kreasi di ajang FLS2N. FLS2N adalah sebuah ajang talenta di bidang seni budaya bagi siswa jenjang pendidikan dasar, menengah dan SLB (Sekolah Luar Biasa). Ajang ini juga diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah, provinsi hingga nasional”, urai Ainun.

Tim Tari FLS2N SMP Telkom Makassar tidak pernah lepas dari peringkat 1, baik di FLS2N cabang seni Tari Kreasi tingkat Kota/Kabupaten maupun tingkat Provinsi. Tim ini juga berhasil menembus FLS2n babak semifinal di jenjang Nasional yang diadakan secara daring pada tanggal 29 Juli-02 Agustus 2024.  

Tim Kreativitas Musik Tradisional FLS2N 2024

Tim Musik Tradisional FLS2N 2024 SMP Telkom Makassar terdiri dari Ayman Arya Umar, A. Jinan Suarga, Ghani Ayadi Azka, Andhika Pratama Bourbon dan Muh. Hiroyuki Baqhita. Ainun berkata,

“Tim ini juga berhasil lolos ke babak Semifinal jenjang Nasional FLS2N cabang seni Kreativitas Musik Tradisional. Dengan persiapan yang cuma sepekan, tim ini mengawali prestasinya dengan menjadi juara 2 FLS2N di Tingkat Kota/Kabupaten dan menjadi jawara di FLS2N Tingkat Provinsi. Mereka tampil dengan menggunakan beragam alat musik tradisional, seperti kecapi, gendang toraja, parappasa’, tekaton dan bilah bambu.
Raja Davano Ahmad JR.

Siswa kelas 9G ini menjadi satu-satunya siswa yang terpilih menjadi bagian dari Tim Sepakbola Kota Makassar di event Gala Siswa Indonesia (GSI) Tahun 2024. Sebelumnya Raja Davano berjuang bersama tim SMP Telkom Makassar di GSI Tingkat Kota/Kabupaten.

“Meski gagal lolos secara tim ke Tingkat Provinsi, tapi berdasarkan pengamatan tim talent scouting, Raja terpilih masuk dalam tim GSI yang mewakili Makassar”, beber Ainun dalam rilisnya.

GSI merupakan ajang talenta di bidang sepakbola untuk jenjang SMP atau yang sederajat secara luring, yang pelaksanaannya juga dilakukan secara berjenjang dari tingkat kota, provinsi hingga ke tingkat Nasional.

Tim Pantomim FLS2N 2024

Muh. Aqsha Abdillah dan Muh. Rasya Al-Zahran menjadi bagian dari tim Pantomim FLS2N 2024 SMP Telkom Makassar dan menjadi juara 3 FLS2N di Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebelumnya Tim Pantomim FLS2N 2024 ini menjadi sang juara di FLS2N level Kota/Kabupaten.

Tim Ansambel Campuran FLS2N 2024

Tim Ansambel Campuran FLS2N 2024 SMP Telkom Makassar juga berpartisipasi di FLS2N 2024 Jenjang Provinsi setelah menjadi juara 1 di Tingkat Kota/Kabupaten. Nur Alya Nabila, Richard Nicholas Synarso dan Kyandra Bagas Kurniawan menjadi perwakilan siswa SMP Telkom Makassar di Tim Ansambel Campuran FLS2N 2024

Nah, buat orangtua yang ingin putra-putrinya dapat dididik menjadi Sang Juara di masa depan tentu dapat menyekolahkan anaknya di SMP Telkom Makassar. Caranya sangatlah mudah, yaitu dapat berkunjung langsung ke SMP Telkom Makassar di Kawasan Pendidikan Telkom Jl. AP. Pettarani No. 4 atau mengakses link PPDB sekolah di bit.ly/daftarsmptelkom. (*/uce)

  • Bagikan