Cegah Penyalahgunaan Obat di Kalangan Pelajar, Balai POM di Palopo Berdayakan Gerakan Pramuka sebagai Kader

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO – Penyalahgunaan Obat telah menjadi isu yang mengkhawatirkan apalagi sasarannya saat ini yaitu kalangan remaja dan pelajar.

Oleh karena itu, dibutuhkan langkah strategis dan kreatif dalam mencegah merebaknya penyalahgunaan Obat. Balai POM di Palopo menginisiasi kegiatan Sipakainge’ : Bimbingan Teknis Kader Pramuka sebagai wadah pembinaan bagi anggota Gerakan Pramuka untuk mencegah penyalahgunaan obat. Kegiatan berlangsung pada tanggal 9-11 Agustus bertempat di SDN 5 SalamaE, Kota Palopo.

Pembinaan ini diikuti oleh 20 (dua puluh) orang Anggota Pramuka dari SMAN 1 Palopo, SMAN 3 Palopo, SMAN 5 Palopo, SMAN 6 Palopo dan SMKN 1 Palopo. Peserta dibekali pengetahuan tentang SAKA POM, Pencegahan Penyalahgunaan Obat, Ketahanan Diri, dan Keterampilan Public Speaking. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini yaitu Kepala Balai POM di Palopo, Kepala BNN Kota Palopo, dan Kakak Gunawan Syamsuddin. Kader yang dibina pada kegiatan ini selanjutnya akan menjadi perpanjangan tangan Balai POM di Palopo untuk memperluas penyebaran informasi tentang bahaya penyalahgunaan obat kepada rekan-rekan anggota pramuka dan komunitas di sekolah.

Selain melakukan pembinaan, pada kegiatan ini juga dilakukan Pelantikan Anggota Baru Satuan Karya Pengawasan Obat dan Makanan (Saka POM). Kepala Balai POM di Palopo sebagai Majelis Pembimbing didampingi oleh Sekretaris Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Palopo mengukuhkan dan melantik 20 (dua puluh) orang Anggota Pramuka sebagai anggota baru Satua Karya Pengawasan Obat dan Makanan.

Melalui kegiatan Sipakainge’ : Bimbingan Teknis Kader Pramuka yang telah dilakukan oleh Balai POM di Palopo diharapkan dapat membekali Anggota Pramuka tentang bahaya penyalahgunaan obat sehingga dapat mencegah perilaku penyalahgunaan obat di kalangan pelajar. (rls/idr)

  • Bagikan