Bawaslu: Inspektur Terbukti Melanggar

  • Bagikan
Khaerana Ketua Bawaslu Palopo

Sekcam Warsel Diberi Imbauan Terkait Netralitas ASN

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, AMASSANGAN-- Kasus Inspektur Palopo, Subair SH yang viral terkait story WA Balon Wali Kota, telah selesai diproses Bawaslu. Hasilnya, yang bersangkutan terbukti melanggar netralitas ASN.

"Setelah melalui proses kajian dari bukti dan klarifikasi, kita menemukan adanya pelanggaran. Hasil ini kemudian kami telah teruskan ke Komisi ASN di Jakarta," kata Ketua Bawaslu Palopo, Khaerana yang dikonfirmasi Palopo Pos, Jumat (9/8) lalu.

Selain kepala Inspektorat, juga ada Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Wara Selatan (Warael), Sunil yang diduga melakukan pelanggaran yang sama, yakni mengunggah foto salah satu bakal calon melalui story aplikasi whatsappnya, beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, Khaerana belum memberikan penjelasan soal tindak lanjut mengenai status Sekcam Warsel ini. "Sudah dikasih imbauan sebelumnya," tulisnya lewat whatsappnya.

Sebagaimana dilansir, dunia jagat maya heboh sejak Selasa (30/7) malam lalu. Menyusul beredarnya tangkapan layar diduga Inspektur Palopo, Subair SH memasang story WA foto Bakal Calon Wali Kota Palopo salam komando dengan Ketua PSI, Kaesang Pangarep dengan latar logo Parpol PSI.

Inspektur Palopo, Subair yang dikonfirmasi secara terpisah menjelaskan, intinya terkait foto tersebut, bukan tujuannya untuk dishare ke status WA history.

"Foto saya terima dari staf di kantor, selanjutnya saya share ke Kaban Kesbangpol. Tujuan saya ingin memperjelas tentang foto tersebut. Bukan ji kah hoaks atau editan,'' jelasnya lewan pesan WA.

Lanjutnya, berselang kira-kira dua menit setelah ia share ke Kaban Kesbangpol, Subair dapat info dari Sekwan bahwa muncul di status WA history tentang foto tersebut. "Saya langsung hapus kembali foto yang share ke Kesbangpol,'' katanya.

''Tidak ada niat ke situ, seandainya ada niat saya, tidak mungkin segera hapus,'' katanya lagi. (rul/ikh)

  • Bagikan