BMKG Prakirakan Cuaca di Sebagian Besar Wilayah Indonesia Alami Hujan Ringan, Termasuk di Tana Luwu

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami hujan ringan pada Senin, 12 Agustus 2024.

Prakirawan Azhari Putri menyampaikan melalui saluran YouTube BMKG bahwa beberapa kota besar seperti Medan, Tanjung Pinang, dan Padang diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

"Potensi hujan petir juga terjadi di beberapa wilayah seperti Kota Banda, Aceh, dan Pekanbaru," ungkap Azhari Putri dalam keterangan cuaca yang dirilis pada Senin pagi.

Di Sumatra, Kota Jambi, Pangkal Pinang, dan Lampung diprakirakan berawan hingga berawan tebal, sementara Kota Bengkulu berpotensi mengalami udara kabur, dengan kemungkinan hujan ringan di Palembang.

Untuk wilayah Pulau Jawa, cuaca di kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya diperkirakan akan cukup kondusif dengan kondisi berawan hingga berawan tebal. Namun, di Kota Serang, BMKG memprediksi adanya hujan dengan intensitas ringan.

Cuaca di Bali dan Nusa Tenggara, termasuk Kota Denpasar, Mataram, dan Kupang, diprediksi cerah berawan hingga berawan tebal. Di Pulau Kalimantan, Palangka Raya dan Banjarmasin diperkirakan berawan, dengan potensi hujan ringan di Samarinda dan Pontianak. Hujan dengan intensitas sedang diprediksi terjadi di Tanjung Selor.

Di Sulawesi, cuaca di Makassar dan Kendari diperkirakan berawan hingga berawan tebal, dengan potensi hujan ringan di Gorontalo. Hujan sedang diperkirakan terjadi di Manado, sementara Mamuju diprediksi mengalami hujan lebat dan Palu berpotensi hujan disertai petir.

Sementara itu, untuk wilayah Indonesia bagian timur, Kota Manokwari dan Merauke diperkirakan cerah berawan hingga berawan tebal. Hujan ringan diprediksi terjadi di Ambon, Ternate, Nabire, Jayapura, dan Jayawijaya, dengan hujan sedang di Kota Sorong.

Lalu bagaimana dengan di Tana Luwu, khususnya di Kota Palopo, Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur? Berdasarkan laman BMKG.GO.ID, di Luwu, siang hari ini berawan, sementara sore hari cerah berawan. Tapi malam hari akan terjadi hujang ringan dengan kecepatan angin mencapai 18 Km/jam.

Di Luwu Timur akan terjadi hujan mulai siang ini sampai malam hari. Begitu juga di Luwu Utara, akan terjadi hujan ringan dan lanjut malam hari. Tapi kecepatan angin 5 km per jam.

Lalu, bagaimana di Kota Palopo? Siang hari berawan dan sorenya berawan tebal. Sementara malam hari mulai mulai pukul 19.00 Wita akan terjadi hujang ringan.

BMKG sendiri secara umum mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem dan selalu memantau informasi cuaca terbaru. (*/uce)

  • Bagikan