PSM Hanya Bisa Mainkan 5 Pemain Asing di ASEAN Club Championship, 21 Agustus Akan Lawan BG Pathum United

  • Bagikan
Para pemain PSM Makassar Musim 2024/2025.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Musim ini, PSM Makassar tidak akan bermaun di ajang Liga 1. Tapi, tim Juku Eja akan mewakili Indonesia di ajang ASEAN Club Championship (ACC) 2024/2025.

PSM sendiri berhak menjadi perwakilan Indonesia, karena status mereka sebagai jawara Liga 1 Indonesia untuk musim 2022/2023.

Di ajang ASEAN Club Championship Series 2024/2025, PSM Makassar tergabung di Grup A.

Nantinya, tim berjuluk Juku Eja ini akan berlaga menghadapi BG Pathum United (Thailand), Terengganu (Malaysia), Dong A Thanh Hoa (Vietnam), dan dua tim pemenang dari babak playoff.

dan, berdasarkan jadwal, PSM Makassar akan menjajal BG Pathum United FC di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu, 21 Agustus 2024.

Dan untuk sistem turnamen khususnya babak fase grup sendiri menggunakan sistem atau format singel match.

Yang artinya, Skuad asuhan pelatih Bernardo Tavares ini nantinya akan memainkan tiga pertandingan berstatus sebagai tuan rumah.

PSM Makassar akan bermain sebagai tuan rumah ketika menghadapi BG Pathum United FC, Dong A Thanh Hoa FC, serta pemenang babak playoff antara Kasuka FC atau Shan United FC.

Sayangnya, menghadapi turnamen ini PSM Makassar dipastikan tidak akan turun dengan kekuatan penuhnya sama seperti di Liga 1 musim 2024/2025.

Ini dipastikan setelah tim berjuluk Juku Eja ini terhalang regulasi untuk mendaftarkan pemain asingnya untuk berlaga di ajang ini.

Terkait regulasi ini, disampaikan langsung oleh Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim.

“Aturannya bebas mendaftarkan berapa pun pemain asing, tapi cuma enam pemain asing yang dipilih dalam susunan pemain per pertandingan,” kata Sulaiman Abdul Karim dalam keteranganya.

Saat ini, PSM memiliki delapan pemain asing yang berlaga di Liga 1 dan tidak ada satu pun yang berpaspor ASEAN.

Tiga pemain berasal dari Benua Afrika, Yuran Fernandes (Cape Verde), Tito Okello (Sudan Selatan) dan Latyr Fall (Senegal). Kemudian dua pemain dari Amerika Latin, Aloisio Neto dan Victor Luiz yang berkebangsaan Brasil.

Dua lainnya asal Benua Eropa, Adilson Silva (Portugal) dan Nermin Haljeta (Slovenia).

“Jika memasukkan enam pemain asing di dalam susunan pemain, maka satu pemain asing harus berpaspor negara ASEAN,” tuturnya.

Melihat regulasi ini, pelatih Bernardo Tavares kemungkinan akan lebih memilih memanfaatkan skuad yang ada dan memaksimalkan potensi dari pemain lokal.

PSM Makassar akan tergabung dalam Grup A ACC 2024-2025. Juku Eja -julukan PSM Makassar- akan berhadapan dengan BG Pathum (Thailand), Terengganu (Malaysia), Dong A Tanh Hoa (Vietnam), Preah Khan (Kamboja), dan Shan United (Myanmar).

Sementara, Borneo FC akan tergabung bersama Buriram United (Thailand), Kuala Lumpur City (Malaysia), Cong An Ha Noi (Vietnam), Kaya IloIlo (Filipina), dan Lion City Sailors (Singapura) di Grup B ACC 2024-2025.

Borneo FC dan PSM Makassar dipastikan akan menggunakan Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur untuk laga fase grup. Masing-masing tim harus berjuang untuk dua tempat teratas jika ingin lolos ke semifinal. (fjr/pp/uce)

Jadwal PSM Makassar di ASEAN Club Championship 2024/2025

Rabu, 21 Agustus 2024
PSM Makassar Vs BG Pathum United FC
Stadion Batakan, Balikpapan

Rabu, 25 September 2024
PSM Makassar Vs Kasuka FC/Shan United FC
Stadion Batakan, Balikpapan

Rabu, 8 Januari 2025
Young Elephants FC/Svay Rieng FC Vs PSM Makassar

Rabu, 22 Januari 2025
Terengganu FC Vs PSM Makassar
Sultan Mizan Zainal Abidin Stadium, Terengganu

Rabu, 5 Februari 2025
PSM Makassar Vs Dong A Thanh Hoa FC
Stadion Batakan, Balikpapan. (fajar)

A

  • Bagikan