Stop Rentenir, DP2KUKM Siapkan Retribusi PSM Digital

  • Bagikan
Kepala Dinas P2KUKM Luwu Utara, Ajie Saputra

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA – Dinas Perdagangan Perindustrian Usaha Kecil dan Menengah (DP2KUKM) Luwu Utara siapkan pelayanan retribusi Pasar Sentral Masamba (PSM) secara digital.

Pelayanan retribusi ini bertagline “Stop Rentenir, Sistem Pelayanan Retribusi Terintegrasi”.
Hal tersebut diungkap Kepala Dinas P2KUKM Luwu Utara, Ajie Saputra usai mengikuti inovasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II Lembaga Administrasi Negara (LAN) tahun 2024 di Makassar.

”Kami memberlakukan pelayanan digital ini bertujuan untuk mempermudah pedagang pasar melakukan pembayaran dan memastikan uang jaminan retribusi langsung masuk ke kas daerah,” ucapnya.

Lebih lanjut Ajie mengatakan bahwa, sistem retribusi digital ini merupakan kerjasama pemerintah daerah dengan Bank BRI.

”Kita bekerjasama dengan BRI, sehingga pedagang pasar dapat melakukan pembayaran melalui qris, debit, dan transfer yang nantinya di backup melalui mesin EDC serta untuk lost menggunakan virtual akun,” ujarnya.

Kepala Dinas P2KUKM ini yang juga merupakan mantan Camat Masamba berharap dengan adanya retribusi digital dapat meminimalisir kebocoran dan meningkatan pendapatan asli daerah (PAD) khususnya retribusi pasar.

”Dengan sistem retribusi digital ini kami berharap dapat meningkatkan PAD, untuk sementara waktu kita uji coba di pasar Sentral Masamba yang sudah kami terapkan sejak akhir bulan Juli 2024, dan semoga ke depannya semua pasar yang ada di Kabupaten Luwu Utara dapat menggunakan sistem retribusi digital,” kuncinya.(junaidi rasyid)

  • Bagikan

Exit mobile version