Jelang Pendaftaran di KPU, Simulasi Sispamkota Digelar Polres Tana Toraja

  • Bagikan

Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Plaza Kolam Makale yang digelar jajaran personel Polres Tana Toraja jelang Pilkada 2024, Kamis (15/8/2024). --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Kepolisian Resor (Polres) Tana Toraja mengelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Plaza Kolam Makale, Kamis (15/8/2024).

Simulasi digelar dalam hal untuk memastikan kesiapan pengamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tana Toraja pada Pilkada Serentak tahun 2024.

Simulasi Sispamkota disaksikan langsung Kapolres Tana Toraja, AKBP Malpa Malacoppo bersama unsur Forkopimda Tana Toraja, Ketua dan Anggota KPU serta Bawaslu dan tamu undangan lainnya.

AKBP Malpa Malacoppo menjelaskan tujuan dilaksanakan simulasi Sispamkota sebagai gambaran pola pengamanan dan kesiapan Polri dengan sasaran objek vital yang menjadi titik kumpul atau titik tujuan massa saat terjadi ketidakpuasan.

Titik tersebut diantarnya kantor KPU, Bawaslu dan kantor pemerintahan daerah hingga tempat masyarakat berkegiatan.

“Simulasi penting dilakukan sebagai upaya pengecekan kesiapan seluruh komponen personel jika situasi dan kondisi sangat membutuhkan,” ujarnya.

Lanjut Malpa, diharapkan personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkada akan lebih siap dalam menangani berbagai situasi yang mungkin timbul.

Kapolres Malpa menambahkan dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada 2024, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait untuk mengidentifikasi potensi ancaman dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Ia berharap Pilkada Tana Toraja nantinya berjalan aman, lancar, senang dan gembira, tidak terjadi seperti simulasi yang digelar.

Namun, untuk mewujudkan itu seluruh elemen harus saling mendukung, baik itu Polri, TNI, pemerintah, instansi terkait dan seluruh masyarakat Tana Toraja.

“Situasi Tana Toraja masih dalam kondisi aman dan kondusif, namun simulasi Sispamkota ini menjadi langkah antisipasi penting meminimalkan potensi masalah yang dapat terjadi pada saat Pilkada,” pungkas Malpa.

Adanya fatihan Sispamkota, Polres Tana Toraja menunjukkan komitmen dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024.

Sebagai langkah untuk dapat memastikan masyarakat dapat menjalankan hak demokratis dengan aman dan damai, serta memberikan rasa aman bagi semua pihak yang terlibat dalam proses demokrasi. (Risna)

  • Bagikan

Exit mobile version