Siap-siap, Mobil Pajero dan Fortuner Tak Gunakan BBM Subsidi, Pemerintah Sosialisasi Kriteria Mulai 1 September

  • Bagikan

Ilustrasi penyaluran BBM nonsubsidi

PALOPOPOS CO ID, JAKARTA-- Bagi pengguna mobil sekelas Fortuner dan Pajero siap-siap untuk tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM) subsidi.

Karena, pemerintah akan mulai melakukan sosialisasi kriteria pengguna BBM bersubsidi yakni Pertalite dan Solar pada 1 September 2024.

Hal itu disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, Jumat, 16 Agustus 2024.

"1 September itu, ya kita kan harus sosialisasi dulu," ujarnya.

Saat ini, pemerintah tengah menyiapkan kriteria kendaraan yang bisa menggunakan BBM subsidi.

Lewat ketentuan baru ini nantinya pemerintah akan memperketat pengguna Solar dan Pertalite.

Ada pun, spesifikasi kendaraan yang kelak tak boleh lagi menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis subsidi. Beberapa di antaranya seperti mobil sekelas Pajero dan Fortuner.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan mobil sekelas Fortuner dan Pajero merupakan mobil 'bagus'. Sehingga ia mempertanyakan kelayakan BBM Solar Subsidi untuk dipakai pada mobil tersebut.

"Kira-kira layak gak ya dia (Pajero dan Fortuner)? Sepertinya mobilnya juga kan bagus," kata Dadan dilansir dari CNBC, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Untuk diketahui, berhembus kabar bahwa kelak yang akan dilarang menggunakan BBM subsidi adalah kendaraan dengan cubicle centimeter (CC) yang tinggi di atas 2.400 CC sekelas Pajero dan Fortuner.

Anggota Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman mengungkapkan, pada dasarnya pemerintah akan mengarahkan agar pembeli BBM jenis Solar Subsidi bisa lebih tepat sasaran kepada masyarakat yang memang berhak. (fajar/uce)

  • Bagikan