Survei Persepsi Syndicate : FKJ-NUR Ungguli Tiga Kandidat Lain di Pilkada Palopo

  • Bagikan

PALOPOPOS CO ID,JAKARTA - Pasangan Calon Walikota dan wakil Walikota Palopo, Farid Kasim Judas – Nurhaeni mencatatkan elektabilitas tertinggi (19,3%) dibandingkan dengan tiga pasangan calon lainnya yang hampir pasti bertarung di Pilwalkot Palopo 2024.

Namun angka elektabilitas FKJ-Nur tidak jauh beda dari pasangan Rahmat Masri Bandaso – Andi Tenrikarta (17,9%), kemudian disusul pasangan Putri Dakka – Haidir Basir (9,7%), dan di posisi paling buncit adalah pasangan Trisal Tahir – Akhmad Syarifuddin (7,8%).

Sedangkan responden yang tidak mau menjawab/rahasia (2,8%) serta tidak tahu/belum punya pilihan (42,5%), serta yang belum mantap dengan pilihannya sebesar (56,0%).

Survei itu dilakukan Persepsi Syndicate, 1-6 Agustus 2024, yang menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 400 responden dengan margin of error +/- 4,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Kemudian pada segmen kemantapan pilihan, pasangan Rahmat Masri Bandaso – Andi Tenrikarta unggul dibandingkan pasangan lainnya, yakni 14,3% atau ada 3,6% belum mantap dengan pilihannya.

Lalu di posisi kedua yakni pasangan Farid Kasim Judas – Nurhaeni (13,8%) atau sekitar (5,5%) belum mantap dengan pilihannya.

Kemudian pasangan Putri Dakka – Haidir Basir (7,5%) atau sekitar (2,2%) belum mantap dengan pilihannya, dan pasangan Trisal Tahir – Akhmad Syarifuddin (5,6%) atau sekitar (2,2%) masih bisa beralih pilihan.

"Survei ini menunjukkan, dari sisi kemantapan pilihan, hanya 44,4% pemilih yang sudah tidak bisa bergeser dari pilihannya saat ini, atau masih ada 56,0% yang bisa diperebutkan 4 paslon," jelas Direktur Utama Persepsi Syndicate, Mudatsir Rasid, dalam rilisnya, Minggu 18 Agustus 2024.

Ia juga menjelaskan temuan survei ini menunjukkan elektabilitas 4 pasangan calon walikota dan wakil walikota masih di bawah 30%. Dengan undecided voters 42,3% masih cukup besar pemilih yang belum menentukan pilihannya.

"Artinya, satu sampai dua bulan kedepan, elektabilitas 4 pasangan calon masih berpotensi naik setelah pendaftaran di KPU, dan kemungkinan bisa saja mengalami stagnan jika pola komunikasi dan sosialisasi masih monoton, tanpa ada terobosan inovatif yang dilakukan," terang dia. Sekretaris Nasdem Palopo, Umar, yang dimintai tanggapannya menyambut positif survei yang mengunggulkan pasangan FKJ-NUR.

" Kami berterima kasih atas survei dari Persepsi Syndicate. Informasi hasil survei ini saya dapat dari media. Kami sama sekali tidak punya kaitan dengan Persepsi Syndicate," kata caleg terpilih DPRD Palopo ini. Kendati diunggulkan lembaga survei tersebut, pihaknya tidak berpuas diri. " Seluruh tim, simpatisan dan relawan terus bergerak mengkampanyekan pasangan FKJ-NUR. Kami yakin hasil yang dicapai akan maksimal melihat kerja-kerja di lapangan. Makin banyak tokoh dan masyarakat yang bergabung di barisan FKJ-NUR," kata anggota DPRD Palopo terpilih itu.

Dia mengatakan pasangan FKJ-NUR maju di Pilkada Palopo guna melanjutkan kebaikan yang telah dirintis oleh walikota Palopo dua periode sebelumnya, HM Judas Amir. (*/Rls)

  • Bagikan

Exit mobile version