Jokowi Reshuffle Kabinet Pagi Ini, Berikut Nama yang Mengemuka

  • Bagikan

Presiden Joko Widodo (Foto: Sekretaris Kabinet)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Jokowi kembali akan melakukan reshuffle kabinet.

Kabar perombakan Kabinet Indonesia Maju beredar Minggu, 18 Agustus 2024. Reshuffle sendiri akan dilakukan Senin, 19 Agustus 2024 pagi ini mulai pukul 11.00 Wita

Hanya saja, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi meminta wartawan untuk menunggu keterangan resmi terkait isu perombakan kabinet yang beredar tersebut.

"Tunggu saja keterangan resmi," kata Budi Arie kepada wartawan, Minggu, 18 Agustus 2024 malam.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana belum menjawab konfirmasi yang dilayangkan JawaPos.com (grup fajar.co.id), terkait kabar reshuffle tersebut.

Informasi yang beredar menyebutkan terdapat sejumlah pos menteri yang akan dirombak. Menkumham Yassona H Laoly kabarnya bakal digantikan dengan politikus Partai Gerindra, Supratman Andi Agtas.

Sementara, Menteri ESDM, Arifin Tasrif digantikan Menteri Investasi/ BKPM Bahlil Lahadalia. Posisi Bahlil di Kementerian Investasi/ BKPM akan diisi mantan Ketua TKN, Rosan Roeslani.

Selain itu, Jokowi juga dikabarkan akan melantik dua kepala badan. Salah satunya, Dadan Hindayana akan dilantik sebagai kepala Badan Gizi Nasional yang baru dibentuk Jokowi.

Reshuffle kabinet sendiri dibenarkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

"Iya, betul," ujar Yasonna kepada sejumlah media, Minggu, 18 Agustus 2024.

Yasonna Laoly sendiri dikabarkan akan kehilangan kursi Menteri Hukum dan HAM. Kursi politikus PDIP itu disebut akan digantikan oleh politikus Gerindra. Nama yang santer adalah Supratman Andi Agtas.

Menteri ESDM Arifin Tasrin dikabarkan akan diganti Bahlil Lahadalia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Investasi. Sementara posisi Menteri Investasi akan diisi oleh Rosan Roeslani yang sebelumnya adalah Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

Selain itu, Jokowi dikabarkan akan melantik dua orang kepala badan, salah satunya ialah kepala Badan Gizi Nasional. Badan Gizi Nasional baru dibentuk melalui Perpres 82/2024 yang diteken Jokowi pada 15 Agustus 2024.

Menteri yang direshuffle dan yang akan dilantik pagi ini:

  1. Yasonna Laoly diganti Supratman Andi Atgas
  2. ⁠Siti Nurbaya dganti Raja Juli Antoni
  3. ⁠Arifin Tasrif dganti Bahlil Lahadalia
  4. ⁠Rosan Roeslani jadi Menteri BKPM
  5. ⁠Prof Dadan, Kepala Badan Gizi
  6. ⁠Prof Rahmat, Kepala Badan Pangan

Pelantikan Senin,19 Agustus pukul 11.00 Wita. (*Fjr/Uce)

  • Bagikan

Exit mobile version