BKPSDM Palopo: Rekrutmen PPPK masih Tunggu Jadwal dari BKN

  • Bagikan
Irfan Dahri Kepala BKPSDM Palopo

Baru Formasi CPNS yang Dibuka Kuota 200 Orang

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Saat ini baru formasi rekrutmen CPNS yang dibuka pemerintah daerah dan pusat. Sedangkan untuk rekrutmen PPPK masih menunggu jadwal lanjutan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Itu karena semua proses pendaftaran CPNS dan PPPK diatur dan dilaksanakan BKN melalui sistem yang terintegrasi dari BKN (sscasn), bukan pemerintah daerah/kota. Pemkot cuma sebatas mengusulkan formasi dan jumlah jabatan.

Demikian penjelasan Kepala BKPSDM Kota Palopo, Irfan Dahri kepada Palopo Pos melalui pesan WA, Selasa, 20 Agustus 2024 kemarin. Penjelasan tersebut sebagai klarifikasi atas pemberitaan yang menyebutkan bahwa Pemkot Palopo tidak membuka rekrutmen untuk formasi PPPK pada tahun 2024.

Untuk jumlah formasi CPNS yang diterima Pemkot Palopo, terbagi atas dua yaitu formasi umum sebanyak 196 orang untuk 87 jabatan dan formasi khusus (penyandang disabilitas) sebanyak empat orang untuk empat jabatan.

Pemkot Palopo telah mengumumkan Seleksi Penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2024 nomor 800.1.2.1/2318/BKPSDM yang diteken Sekkot Palopo Drs H Firmanza DP SH MSi tanggal 19 Agustus 2024 melalui laman resmi Pemkot Palopo. Dimana, pendaftaran pada 20 Agustus s/d 6 September 2024.

Pada lampiran pengumuman tersebut, formasi umum terbagi dua yakni formasi teknis dan formasi kesehatan. Dimana, formasi kesehatan delapan orang untuk tujuh jabatan.
"Untuk lebih informasi rekrutmen CPNS ada ditayangkan di website resmi Pemkot Palopo," kata Irfan Dahri.

Sementara itu, untuk rekrutmen PPPK, lanjut Irfan semua daerah di Indonesia masih menunggu jadwal dari BKN. Semua proses pelaksanaan diatur oleh BKN dan semua proses pendaftaran juga lewat sistem BKN (sscasn).

Diberitakan sebelumnya, rekrutmen CPNS mulai dibuka, Selasa (20/8) hingga 6 September 2024 mendatang.
Adapun alur pendaftaran CPNS adalah calon pelamar bisa masuk ke website resmi SSCASN, atau klik link berikut https://sscasn.bkn.go.id/. Melalui website tersebut, pelamar bisa mendaftar, membuat akun dan memilih formasi yang diinginkan. Setelah berkas diverifikasi dan dinyatakan lolos, peserta bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Peserta yang lolos seleksi berkas, akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Seleksi tahap ini menggunakan metode CAT (Computer Assisted Test) yang terdiri dari 3 jenis Tes TWK (Tes Wawasan Kebangsaan): peserta diuji dengan pemahaman prinsip dasar negara. TIU (Tes Intelegensi Umum):peserta akan diuji dengan mengukur kemampuan numerik, berpikir logis dan analitis. TKP (Tes Karaktetistik Pribadi): tes ini digunakan untuk mengetahui karakteristik pribadi peserta.

Lalu, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pada tahap ini peserta akan diuji sesuai bidang yang dilamar. Melalui tes ini, peserta akan diuji ketrampilan, pengetahuan dan perilaku dalam menjalankan tugas yang ditawarkan. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2024 akan dilaksanakan pada bulan April-Mei 2024. SKB merupakan tahapan seleksi CPNS setelah seleksi administrasi dan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Nantinya pada pengumuman kelulusan peserta akan dilihat dari nilai SKD dan SKB yang telah dilakukan. Peserta yang lulus akan melanjutkan ke tahap pemberkasan sesuai prosedur yang berlaku. Pengumuman kelulusan CPNS 2024 akan dilakukan pada bulan Juni 2024. Untuk mendapatkan informasi tentang kelulusan CPNS 2024, masyarakat harus melakukan langkah-langkah seperti mengunjungi situs resmi penyelenggara seleksi CPNS, kemudian Login dengan akun SSCASN dan Cek pengumuman pada bagian yang tepat. (rhm/ikh)

  • Bagikan

Exit mobile version