Pelantikan Anggota DPRD Terpilih di Luwu Raya, Lutra-Lutim 27 Agustus, Luwu-Palopo 2 September

  • Bagikan
GAMBAR ILUSTRASI

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Beberapa daerah di Luwu Raya mulai melakukan pelantikan terhadap anggota DPRD Terpilih akhir Agustus ini. Adapun daerah yang tercepat adalah pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Luwu Utara dan DPRD Kabupaten Luwu Timur pada Selasa 27 Agustus 2024, pekan depan.
Sekretariat DPRD Luwu Utara telah mempersiapkan Pelantikan 35 Anggota DPRD Luwu Utara yang dijadwalkan 27 Agustus 2024 di Kantor DPRD Luwu Utara.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Muhammad Yamin kepada Palopo Pos menyatakan, pihaknya telah melakukan rapat persiapan pelantikan anggota DPRD.
Terkait kesiapan, di antaranya baju PDH 35 Anggota DPRD sudah selesai dijahit termasuk pin emas juga sudah ada.
Terkait undangan, akan mengundang Forkompinda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, serta keluarga anggota DPRD yang dilantik

Terpisah, Sekretaris Dewan (Sekwan) Luwu Timur, Aswan Azis, mengungkapkan Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu Timur periode 2024-2029 akan digelar pada 27 Agustus 2024. Bahwa semua persiapan, persyaratan, dan peralatan untuk acara tersebut telah disiapkan secara matang.

Aswan menjelaskan bahwa anggaran untuk pelantikan kali ini mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya jumlah anggota DPRD dari 30 menjadi 35 orang.
“Untuk persiapan termasuk biaya pasti ada kenaikan, apalagi yang akan dilantik jumlahnya ada 35 orang, yang semula hanya 30 orang,” ujar Aswan, Jumat (26/7/2024).
Selain itu, fasilitas di kantor DPRD Luwu Timur juga telah diperbarui untuk menyesuaikan dengan jumlah anggota yang bertambah.

“Termasuk ruang fraksi dan ruang rapat, kita telah melakukan perubahan. Misalnya, partai PDI yang awalnya hanya memiliki 3 kursi kini menjadi 10 kursi. Jadi, semua hal tersebut telah kami benahi,” terang Aswan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah akan dilaksanakan di hadapan Ketua Pengadilan Negeri Malili.
“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Ketua Pengadilan Negeri Malili terkait pelantikan nantinya,” pungkas Aswan.

Palopo
Sementara itu, untuk pelantikan Anggota DPRD Kota Palopo, menurut Sekretaris DPRD Kota Palopo, Taufiq mengaku telah merampungkan berbagai persiapan untuk pelantikan anggota dewan terpilih.

Seperti diketahui, anggota DPRD Kota Palopo terpilih ini akan dilantik Senin 2 September 2024. Pihak sekretariat telah melakukan persiapan mulai dari pembenahan ruangan.
Kemudian pakaian yang akan digunakan para para legislastor saat pelantikan dan atribut seperti papan nama dan pin emas.
Demikian dikatakan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota palopo, Taufik saat ditemui jurnalis Koran Seruya beberapa waktu lalu.

Dia menyebutkan, 25 anggota DPRD terpilih juga telah melakukan pengukuran baju.
“Untuk pakaian pelantikan bagi pria menggunakan pakaian sipil lengkap (PSL) dan kopiah. Sementara untuk perempuan menggunakan kebaya nasional,” ujarnya.

Taufik menambahkan, pihaknya juga telah mengalokasikan anggaran pakaian dinas bagi anggota DPRD terpilih.
“Anggaran untuk pengadaan pakaian dinas anggota dewan sudah dialokasikan dan masing-masing nantinya akan mendapatkan dua stel pakaian dinas terdiri dari, PSL dan Pakaian Sipil Harian (PSH),” jelasnya.

Luwu
Di hari yang sama, 2 September, sebanyak 35 anggota DPRD Kabupaten Luwu,terpilih akan dilantik.
Sekretaris DPRD Luwu, Bustam mengaku, seluruh legislator terpilih telah menyelesaikan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) ke KPU.
"Sudah semua serahkan LHKPN. InsyaAllah pelantikan kita jadwalkan di tanggal 2 September 2024," jelasnya, Senin (19/8/2024).

Terpisah, Kabag Umum DPRD Luwu, Jamal Hidaya menerangkan, kini perlengkapan setiap anggota dewan sudah disiapkan.
Kata Jamal, untuk jas pakaian sipil lengkap (PSL) yang akan dikenakan saat pelantikan sudah dibagikan ke anggota dewan terpilih periode 2024-2029.
"Sudah kita bagikan untuk jasnya. Masih ada 6 orang yang belum ambil," akunya.

Dirinya menambahkan, harga jas PSL yang dikenakan 35 anggota dewan dibandrol masing-masing Rp2,5 juta.
"Untuk dewan terpilih, hanya pakaian jas PSL. Per orang sesuai standar satuan harga itu Rp2,5 juta. Kali 35 orang," ujarnya.
Itu berarti, jika ditotal Sekretariat DPRD harus menggelontorkan dana Rp87,5 juta untuk jas PSL.(idr)

Jadwal Pelantikan Anggota DPRD Terpilih

  • Kabupaten Luwu Utara : 27 Agustus sebanyak 35 Orang
  • Kabupaten Luwu Timur : 27 Agustus sebanyak 35 Orang
  • Kabupaten Luwu : 2 September sebanyak 35 Orang
  • Kota Palopo : 2 September sebanyak 25 orang
  • Bagikan

Exit mobile version