Rekam Jejak Andi Sudirman di Lutim, Ambil Alih Bandara Sorowako hingga Benahi Jalan Tembus Sulteng

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID LUWU TIMUR – Luwu Raya jadi salah satu prioritas Andi Sudirman Sulaiman semasa menjabat Gubernur Sulawesi Selatan Periode 2021-2023. Sejumlah pembangunan telah dilakukan, termasuk di Kabupaten Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur, Budiman mengatakan masyarakat Luwu Timur sangat berterima kasih atas sejumlah langkah yang dilakukan Pemprov Sulsel di era kepemimpinan Andi Sudirman.

"Beliau termasuk yang peduli terhadap infrastruktur perhubungan, termasuk mengambil alih bandara Sorowako, termasuk bantuan di sektor pertanian secara umum. Masyarakat Luwu Timur berterimakasih atas peningkatan jalan dari Nuha ke batas Sulawesi Tengah," tuturnya.

Tokoh Pemuda asal Luwu Raya, Ashar Mustaring juga mengakui kepemimpinan Andi Sudirman. Menurutnya, Andi Sudirman patut disebut sebagai salah satu tokoh pembangunan di Sulsel.

"Beliau bisa disebut sebagai Bapak Pembangunan. Bukan hanya di Luwu Timur, seluruh daerah di Luwu Raya tersentuh bantuan dan program semasa kepemimpinan Bapak Andi Sudirman. Tentu kami merasa terbantu dan berterima kasih atas bantuan dan perhatian kepada Luwu Raya, baik pembangunan infrastruktur dan lainnya," ungkapnya, Selasa 20 Agustus 2024.

Diketahui, Andi Sudirman Sulaiman punya komitmen dalam melakukan pembangunan yang berkeadilan secara bertahap. Baik di sektor infrastruktur, pertanian, dan mendorong pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki Luwu Timur.

Mulai dari penanganan secara bertahap pada ruas jalan Ussu – Nuha – Beteleme Batas Provinsi Sulawesi Tengah. Ruas jalan yang menjadi penghubung Provinsi Sulsel ke Provinsi Sulteng.

Selain itu, salah satu perjuangan Andi Sudirman Sulaiman untuk Luwu Raya, dengan berhasilnya mengambil alih kepemilikan Bandara Sorowako di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur menjadi aset milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan nilai aset sekitar Rp 110 Miliar.

Pengambilalihan Bandara Sorowako itu dilakukan dalam kurun waktu setahun. Dimana sebelumnya, Bandara itu dikuasai 40 tahun oleh Perusahaan asing.

Pada sektor pertanian, sejumlah bantuan baik sarana dan prasarana dilakukan di Kabupaten Luwu Timur. Diantaranya bantuan alat mesin pertanian, jalan tani, irigasi perpompaa, pupuk organik, bibit cengkeh, bibit pala, bibit kopi, dan bantuan sektor pertanian lainnya.

Untuk sektor perikanan, Kabupaten Luwu Timur juga mendapatkan bantuan, berupa sarana budidaya rumput laut, tambatan perahu, budidaya udang windu, penyediaan prasarana pembudidayaan ikan di laut, dan penanaman 83 ribu batang mangrove.

Semasa kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman pula, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga mendorong pembangunan yang berkeadilan. Diantaranya memberikan bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Sulsel senilai Rp 10 Miliar untuk Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Dengan sejumlah program dan bantuan yang telah dilakukan Pemprov Sulsel di era kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman. Diharapkan dapat mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Luwu Timur. (rls/idr)

  • Bagikan

Exit mobile version