UMPalopo Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Penggunaan Sistem Keuangan, Perpajakan, serta Manajemen Risiko dengan Mitra SPBU Sawerigading

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Universitas Muhammadiyah Palopo menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Pelatihan Penggunaan Sistem Keuangan, Perpajakan, serta Manajemen Risiko kepada mitra SPBU Perdana Sawerigading Petroleum.

Kegiatan ini didanai Kementerian Pendidikan dan kebudayaan melalui Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada masyarakat (DRPTM) Kementerian pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dosen UMPalopo, Sultan, S.E., M.Ak kepada Palopo Pos mengungkapkan, kegiatan ini Program Pengabdian kepada Masyarakat kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Palopo dengan mitra SPBU Perdana Sawerigading Petroleum. Kegiatan ini dihadiri oleh tim pkm dan manager serta karyawan SPBU Perdana Sawerigading Petroleum

Adapun lokasi kegiatannya di Perdana Sawerigading Petroleum di Kota Palopo.

Dimana rangkain pelatihannya sebagai berikut, Pelatihan Manajemen pada Sabtu, 6 Juli 2024. Dilanjutkan Pelatihan Perpajakan pada Sabtu, 13 Juli 2024, dan Pelatihan Penggunaan Sistem Keuangan pada Rabu, 21 Agustus 2024.

Sultan menjelaskan, Pelatihan penggunaan sistem keuangan, perpajakan, serta manajemen risiko yang berlangsung di lokasi Perdana Sawerigading Petroleum di Kota Palopo, merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat oleh dosen Universitas Muhammadiyah Palopo. Kegiatan ini ditujukan untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh mitra, yaitu usaha penyaluran BBM Perdana Sawerigading Petroleum. 

Melalui pelatihan ini, diharapkan pengetahuan perpajakan pihak manajemen meningkat, sehingga mereka tidak lagi mengalami kesulitan dalam pelaporan dan perhitungan pajak. Selain itu, pelatihan ini juga dirancang untuk memperkuat kemampuan manajemen dalam perencanaan strategis. Tim dosen juga telah mengembangkan sistem keuangan sederhana yang disesuaikan dengan operasional usaha, diharapkan dapat mendukung pengelolaan keuangan secara lebih efektif. Pihak manajemen Perdana Sawerigading Petroleum menyambut baik kegiatan ini, karena akan membantu dalam penyelesaian permasalahan pengelolaan keuangan dan perencanaan perusahaan mereka di masa depan.

Pelatihan penggunaan sistem keuangan, perpajakan, dan manajemen risiko bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional serta memastikan kepatuhan terhadap regulasi perpajakan. Selain itu, pelatihan ini membantu mitra memahami bagaimana mengelola risiko keuangan dengan lebih baik, mengurangi potensi kesalahan, dan meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan yang berdampak pada stabilitas dan keberlanjutan bisnis. 

Tim dari Universitas Muhammadiyah Palopo yakni Sultan, Muhammad. Kasran dan Ibu Indah bersama  mahasiswa, manager perusahaan, bagian keuangan serta karyawan SPBU Perdana Sawerigading Petroleum bersama-sama melaksanakan kegiatan ini.(idr)

  • Bagikan

Exit mobile version