Astaga! Ada Dugem di Depan Masjid Agung Sengkang, MUI Sulsel Beri Respon Begini

  • Bagikan

Suasana saat sejumlah orang melakukan joget diiringi house music di depan Masjid Agung Sengkang. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SENGKANG-- Masyarakat Sulsel khususnya Kabupaten Wajo heboh. Itu setelah beredarnya video yang memperlihatkan aksi joget dugem yang dilakukan muda-mudi depan Masjid Agung Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Kejadian ini viral di media sosial.

Berbagai tanggapan dan cibiran pun muncul dari berbagai lapisan masyarakat.

Lalu, apa tanggapan MUI Sulsel soal itu? Sekretaris MUI Sulsel Prof. Muammar Bakry menyampaikan bahwa sebelum mengambil kesimpulan dari video tersebut.

“Kita harus melakukan klarifikasi dan tabayyun agar respon yang kita berikan dapat objektif serta produktif bagi umat dan agama,” ucapnya saat dikonfirmasi di Kantor MUI Sulsel Jl Masjid Raya No 1 Makassar, seperti dilansir MUI Sulsel.

''Setelah kami konfirmasi, ternyata kegiatan itu adalah rangkaian kegiatan Agusutusan yang biasa dilakukan dalam bentuk pawai. Kegiatan utama adalah di lapangan yang memang berdekatan dengan Masjid Agung Kota Sengkang. Kemeriahan agustusan yang biasa terjadi di berbagai tempat dengan iringan musik dan lagu,'' bebernya.

Mereka adalah peserta Lampion, dari start dan sepanjang jalan hingga jelang finish mereka sudah berjoget. Mungkin karena sudah keasyikan dengan dentuman musik dan tambah semangat saat finish. Mereka pun tambah ngegas jogetnya. Mereka larut dan tak sadar bahwa mereka berada di area Masjid Agung.

''Jadi sebenarnya bukan panitia yang membuat acara khusus depan atau halaman masjid. Hanya kebetulan lapangan utama berdekatan dengan masjid,'' bebernya.

Muammar yang juga sebagai Rektor UIM, mengatakan bahwa Sengkang terkenal dengan Kota Santri. Kesan orang di luar jika ada yang menyebut dirinya dengan orang Sengkang, pasti identik dengan anak pangaji (pengaji) dan religius. Pusat Pendidikan Agama Islam di Sulawesi Selatan dengan ulama yang berkaliber dan melahirkan banyak ulama di Sulawesi bahkan Indonesia.

Memang sangat disayangkan jika pemandangan itu terjadi dekat pusat keislaman yakni Masjid Agung Kota Sengkang. Tapi bagi Muammar imbuhnya, jangankan Sengkang, di Makkah saja ada Abu Jahal, sebagaimana juga yang viral di Arab sudah ada diskotik dan lain-lain. Tempat yang baik tidak mutlak penduduknya semua alim beragama. Ada Abu Bakar pasti juga ada Abu Jahal. Bahkan di tempat yang paling mulia, maka penggodanya juga dari tingkatan elitnya.

Muammar berharap, dakwah Islam di mana pun apalagi di pusat keislaman yang tersohor, terus memainkan peran dakwahnya. Dan, yang paling utama adalah pemerintah agar membina masyarakat menjadi masyarakat berakhlak dan berkarakter dengan nilai-nilai agama dan budaya ketimuran. (Uce)

  • Bagikan