PDIP dan PAN Terbitkan B.1-KWK Putri Dakka-Haidir Basir untuk Maju Pilwalkot Palopo

  • Bagikan

Palopo - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) telah menerbitkan B.1-KWK atau B.Persetujuan.Parpol.KWK kepada bakal pasangan calon (Paslon) Putri Dakka-Haidir Basir. Berkas tersebut menjadi salah satu syarat utama Paslon mendaftar ke KPU untuk maju di Pilwalkot Palopo.

Dari foto B.1-KWK yang beredar, PDIP dan PAN menyatakan resmi mengusung bakal paslon wali Kota dan wakil wali kota Palopo Putri Dakka-Haidir Basir. Kedua berkas itupun telah ditandatangani oleh Ketua Umum masing-masing partai tersebut.

Ketua DPC PDIP Palopo, Alfri Jamil membenarkan B.1-KWK tersebut. Dia menyebut, B.1-KWK tersebut diterbitkan di Jakarta pada, Kamis (22/8) dan ditandatangani Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

“Iya benar B.1-KWK untuk Putri Dakka-Haidir Basir sudah resmi diterbitkan 22 Agustus di Jakarta dan itu ditandatangani langsung oleh Ketua Umum dan Sekjen,” kata Alfri, Sabtu (24/8/2024).

Dengan terbitnya B.1-KWK tersebut, Alfri mengaku mesin partai mulai bergerak untuk memenangkan paslon Putri Dakka-Haidir Basir. Bahkan, kata dia, pihaknya akan ikut serta mengawal Putri Dakka-Haidir Basir untuk mendaftar di KPU Palopo.

“Kami PDIP Palopo tentu tegak lurus dengan keputusan DPP untuk memenangkan Putri Dakka-Hadir Basir. Mesin partai mulai bergerak dari tingkat cabang, PAC, sampai ranting. Tentu kita akan kawal untuk mendaftar di KPU nanti,” sebutnya.

Adapun Ketua DPD PAN Palopo, Abduh Bakry Pabe turut membenarkan B.1-KWK tersebut telah terbit sejak 26 Juli 2024 lalu. Pihaknya pun mengaku siap memenangkan pasangan Putri Dakka-Haidir Basir pada Pilwalkot Palopo.

“Iye (B.1-KWK PAN) Palopo ke Putri Dakka-Haidir Basir. PAN Palopo sami’na wa atho’na,” sebut Abduh.

Sementara itu, juru bicara Putri Dakka-Haidir Basir, Didit Prananda mengatakan, B.1-KWK dari kedua partai tersebut akan diserahkan langsung oleh masing-masing pengurus partai di daerah. Didit menyebut, hal itu sebagai bentuk penghargaan kepada pengurus PDIP dan PAN di Palopo.

“Kenapa harus mereka yang serahkan? Itu bentuk pernghargaan kita kepada pengurus parpol daerah bahwa memang kita kerja sama dengan baik,” ungkapnya.

Dengan terbitnya B.1-KWK dati kedua partai tersebut, Putri Dakka-Haidir Basir mengunci 5 kursi yang menjadi syarat minimal untuk pendaftaran ke KPU. Namun, Didit mengatakan pihaknya belum dapat memastikan tanggal pendaftaran ke KPU Palopo.

“Belum ada jadwal tapi sementara dibahas tim dan partai pengusung. Metode (pendaftarannya) seperti apa, jamnya serta tanggalnya. Tapi yang pasti semua sudah siap, jumlah kursi sudah cukup, berkas untuk administrasi disediakam sama tim, sama LO nanti diatur semua,” pungkasnya.

  • Bagikan