BMKG: Hujan Deras dan Petir Ancam Kota-Kota Besar di Indonesia, di Tana Luwu Begini Kondisi Cuacanya

  • Bagikan
Ilustrasi musim hujan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Kondisi cuaca di Kota-kota besar di Indonesia bakal tidak terlalu bersahabat. Beberapa daerah diperkirakan akan terjadi hujan deras diiringi badai petir.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa hujan dengan intensitas ringan hingga deras akan melanda sebagian besar kota besar di Indonesia pada hari Senin.

Prakirawan BMKG, Ida Pramuwardani, dalam laporannya yang dipantau di Jakarta, menjelaskan bahwa potensi hujan dengan intensitas ringan atau curah hujan kurang dari 2,5 mm per jam akan terjadi di kota-kota seperti Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Palangka Raya.

Hujan ringan ini juga diperkirakan akan mengguyur kota Samarinda, Banjarmasin, Gorontalo, Ambon, Sorong, Ternate, dan Manokwari, dengan suhu udara berkisar antara 26 hingga 29 derajat Celsius.

Sementara itu, beberapa kota lainnya seperti Medan, Mamuju, Kendari, Merauke, Jayawijaya, Jayapura, dan Nabire akan mengalami hujan dengan intensitas sedang, atau dengan curah hujan lebih dari 4,0 mm per jam. Suhu udara di kota-kota ini diperkirakan berkisar antara 21 hingga 27 derajat Celsius.

Prakiraan cuaca juga menunjukkan bahwa hujan disertai petir akan terjadi di Kota Padang, Pontianak, Tanjung Selor, dan Kota Palu, dengan suhu diperkirakan berkisar antara 23 hingga 29 derajat Celsius.

Hujan deras dengan curah hujan lebih dari 50 mm per jam diperkirakan akan mengguyur Kota Manado, dengan suhu udara antara 24 hingga 28 derajat Celsius.

Sementara itu, untuk Kota Kupang, Palembang, Yogyakarta, Mataram, Banda Aceh, Tanjung Pinang, Lampung, Serang, Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Makassar, diperkirakan akan cerah dan berawan sepanjang hari dengan suhu udara berkisar antara 24 hingga 31 derajat Celsius.

Prakirawan BMKG juga menjelaskan bahwa pertumbuhan awan penghujan dipicu oleh adanya pertemuan dan perlambatan angin yang memanjang dari Aceh-Selat Malaka, Sumatera Utara-Jambi, serta Laut Sulawesi hingga Samudera Pasifik Timur Filipina.

Secara umum, angin permukaan di wilayah Indonesia didominasi oleh angin yang bertiup dari arah timur dan tenggara dengan kecepatan antara 10 hingga 45 km per jam.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi tinggi gelombang laut yang diperkirakan mencapai 2,5 hingga 4 meter di perairan Pulau Enggano, barat Lampung, Samudera Hindia bagian barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, serta Samudera Hindia bagian selatan Jawa. Selain itu, potensi banjir rob juga diperkirakan terjadi di Kepulauan Riau dan pesisir Jawa Barat.

Lalu, bagaimana di Tana Luwu? Untuk daerah di Luwu Raya ini, hujan akan terjadi di Luwu Timur. Diperkirakan hujan ringan siang hari. Malam berawan. Tapi, hujan kembali terjadi tengah malam mulai pukul 22.00 Wita. Sementara suhu udara 28 °C.

Di Luwu cerah berawan pada pagi hari dan siang hari berawan. Kecepatan angin mencapai 17 km/jam dengan suhu udara sampai 33°C di siang hari.

Bagaimana di Paloopo? di Palopo sendiri kondisi cuaca cerah berawan pagi hari. Sore cerah berawan. Dan malam mulai pukul 19.00 Wita terjadi hujan ringan. Suhu udara mulai 23°C sampai dengan 33°C.

Di Luwu Utara mulai siang sampai malam hari berawan. Suhu udara 22°C sampai 28°C. (uce)

  • Bagikan