Harga Tomat dan Cabai Kompak Turun

  • Bagikan
Pedagang tomat dan cabai di PNP. RIAWAN/PALOPO POS

Tomat Rp5 Ribu per 2 Kg, Cabai Rp45 Ribu dari Rp70 Ribu per Kg

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Sejumlah kebutuhan dapur di pasaran mengalami penurunan harga. Seperti tomat dan cabe rawit.
Bahkan ada yang sampai tiga kali lipat mengalami penurunan harga kurang dari dua pekan terakhir.
Seperti tomat, kata Andri pedagang rempah- rempah yang di Pusat Niaga Palopo (PNP), itu mengalami penurunan yang sangat drastis, Ahad, 25 Agustus 2024.

"Murah tomat sekarang dan bervariasi. Kalau beberapa pekan lalu Rp10 ribu per Kg dan turun ke Rp7 per Kg, sekarang ada jual mulai dari Rp2 ribu per Kg, Rp3 ribu per Kg dan paling dia tas itu Rp4 ribu per Kg. Bahkan ada yang jual Rp5 ribu per 2 Kg," kata Andri.
Sedangkan untuk harga cabe rawit, lanjut Andri, saat ini Rp45 ribu per Kg.

"Sekira dua pekan lalu harga cabe Rp70 ribu per Kg. Sekarang rata- rata Rp45 ribu per Kg," ucapnya.
Penyebab turunnya harga tersebut, masih kata pedagang yang siplai stok dari Enrekang, itu dipengaruhi saat ini sedang panen dan stok yang sedang melimpah.

Pantauan lainnya, seperti harga beras di PNP, terpantau masih stabil sejak enam bulan terakhir.
Seperti yang dicatat di Toko Beras Sinar Mujur. Kata pemilik toko, harga beras saat ini sangat stabil, lantaran belum lama ini telah panen raya.

"Harga beras untuk jenis medium rata- rata Rp13. 500 per Kg. Tapi ada juga yang dibwahnya lagi Rp12 ribu per Kg. Kemudian untuk beras jenis premium Rp 16 ribu per Kg. Harga itu terlah bertahan selama kurang lebih enak bulan lalu,"ungkap pemilik toko.(ria/idr)

  • Bagikan

Exit mobile version