Ingin Awet Muda, Konsumsi 7 Buah Alami Ini

  • Bagikan
Ilustrasi buah-buahan. (Freepik)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Setiap orang pasti menginginkan kelihatan awet muda. Yah, awet muda dan menunda penuaan adalah impian. Seseorang bisa ingin terlihat lebih muda sampai belasan tahun di mata masyarakat. Hal ini bisa menambah kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi sampai penjalinan relasi dengan orang lain. Selain hal tersebut, seseorang bisa ingin awet muda karena ingin saja tidak menjadi tua.

Jadi, kamu yang ingin awet muda dan menunda penuaan boleh jadi melaksanakan berbagai usaha demi bisa tampil lebih muda. Mulai dari olahraga, pola makan, skincare menunda penuaan, dan perawatan kulit.

Pola makan yang sehat nantinya bisa menghasilkan tubuh yang sehat pula. Sebagai bonus, ada beberapa makanan yang bisa mendukung seseorang untuk awet muda dan menunda penuaan. Makanan tersebut ialah buah alami yang bisa dengan mudah dibeli.

Seperti dikutip dari Clear Skin dan Biom Probiotics, berikut ini merupakan 7 buah alami untuk awet muda dan menunda penuaan:

  1. Semangka

Buah pertama yang bisa kamu konsumsi untuk awet muda dan menunda penuaan adalah buah semangka. Mudah didapatkan dimana saja, semangka memiliki banyak vitamin yang bermanfaat bagi kulit. Ada juga antioksidan bernama lycopene yang membuat kulitmu tetap muda.

Semangka sendiri merupakan buah yang memiliki banyak kandungan air. Dengan kandungan air yang banyak ini, semangka jadi buah yang bagus untuk tetap awet muda. Pasalnya, resep awet muda salah satunya juga tetap terhidrasi dari dalam. Kamu bisa memakannya langsung atau membuatnya jadi jus apabila mau.

  1. Anggur

Selanjutnya, anggur merupakan buah yang mudah ditemukan juga dijual di supermarket secara bebas. Buah anggur mengandung resveratrol yang melindungi kolagen dari radikal bebas. Kolagen inilah yang mempertahankan elastisitas kulit dan membuatnya awet muda.

Selain itu, buah anggur juga memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C ini memiliki peran untuk mendukung kesehatan kulit bahkan di cuaca dingin sekalipun. Perlindungan buah anggur pada kulit ini menjadikannya konsumsi tepat untuk awet muda dan menunda penuaan.

  1. Lemon

Buah selanjutnya yang bisa kamu konsumsi untuk menunda penuaan dan awet muda adalah lemon. Buah lemon merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Sebagaimana yang kamu tahu, vitamin C banyak ada di kandungan skincare yang baik untuk kulit.

Vitamin C dari lemon ini nantinya bisa membantu mengurangi keriput dan menunda penuaan. Bukan buah yang bisa dipotong dan dikonsumsi, kamu bisa menikmati lemon demi kandungannya dengan berbagai penyajian yang kreatif. Menambahkan irisan lemon dalam minuman, misalnya.

  1. Jeruk

Selain lemon, buah jeruk juga merupakan buah yang benar untuk dikonsumsi orang yang menginginkan awet muda dan menunda penuaan. Sama seperti lemon, buah jeruk juga mengandung banyak vitamin C yang bagus untuk kulit wajah.

Selain vitamin C, buah jeruk juga punya kandungan karoten yang mencegah penuaan dan melindungi kulit dari sinar UV. Alhasil, konsumsi buah jeruk bisa membuatmu terlindungi dari panasnya sinar matahari yang kejam. Kamu bisa memakan jeruk secara langsung untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

  1. Pepaya

Pepaya juga termasuk buah yang memiliki khasiat untuk awet muda dan menunda penuaan. Ada banyak kandungan baik dalam pepaya, mulai dari nutrisi, enzim, vitamin dan antioksidan. Adanya enzim papain dalam pepaya merupakan kandungan penting untuk membuat kulit halus dan berseri.

Vitamin A dalam pepaya juga berperan pada pergantian sel, proses penyembuhan dan juga penghasil warna kulit seimbang. Adanya kandungan air dalam pepaya juga bisa membuat kulit lebih terhidrasi sehingga lembab dan terkesan awet muda.

  1. Alpukat

Kamu mungkin tidak tahu bahwa alpukat merupakan buah yang masuk dalam jajaran buah awet muda dan menunda penuaan. Alpukat sendiri memiliki kandungan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan.

Adanya vitamin E dalam alpukat juga membantu melembabkan kulit dan berperan layaknya sunscreen dari alam. Kamu bisa mengonsumsi alpukat langsung atau memasukkannya dalam hidangan seperti salad, sushi atau roti panggang.

  1. Bluberi

Terakhir, bluberi atau buah beri biru juga merupakan buah yang bisa membantu kulit tampak awet muda dan menunda penuaan. Meski tidak selazim buah semangka atau jeruk,, bluberi memiliki tingkatan tertinggi dalam kandungan penunda penuaan.

Buah beri kaya akan vitamin C dan juga antioksidan penting bernama anthocyanin. Adanya kandungan ini merupakan pelindung kulit dari polusi dunia luar, radiasi sinar UV dan berbagai faktor buruk lain. (jp/pp)

  • Bagikan